Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Memegang Raket dengan Teknik Forehand

Kompas.com - 21/04/2021, 22:20 WIB
Medikantyo Junandika Adhikresna

Penulis

Sumber BWF

KOMPAS.com - Raket menjadi peralatan utama bagi seorang pemain dalam permainan bulu tangkis yang digunakan untuk memukul shuttlecock (kok).

Pemain memegang sebuah raket pada bagian gagang, sementara permukaan oval serta memiliki jaring menjadi tempat persentuhan raket dengan kok.

Adapun seorang pemain menggunakan raket untuk mengarahkan kok melintasi net menuju wilayah permainan lawan untuk meraih poin.

Salah satu cara memegang raket bagi seorang pemain bulu tangkis adalah teknik forehand, atau juga disebut sebagai English grip.

Istilah lain untuk menyebut teknik forehand adalah cara pegangan raket jabat tangan, karena kemiripan peletakan bagian tangan saat memegang raket.

Posisi telapak tangan pada saat memegang raket cara forehand adalah pada ujung pegangan tangan sementara kelima jari menggenggam dengan posisi tertentu.

Baca juga: Asal-usul Bulu Tangkis

Cara memegang raket dengan teknik forehand merupakan modal dasar bagi seorang pebulu tangkis, karena banyak dipakai dalam berbagai jenis pukulan saat bermain.

Langkah memegang raket dengan menggunakan teknik forehand bermula dengan meletakkan telapak tangan pada bagian ujung pegangan raket.

Kemudian letakkan jari tengah, jari manis, dan kelingking pada gagang raket seperti sedang menjabat tangan dengan orang lain.

Lalu posisi jari telunjuk berada menjauh dari ketiga jari lain yang sudah diletakkan, dengan posisi ibu jari berada di antaranya.

Saat menggenggam maka letak jari telunjuk dan ibu jari membentuk “V”, sebagai pertanda bahwa teknik memegang raket cara forehand sudah dilakukan dengan benar.

Keunggulan cara memegang raket dengan teknik forehand adalah memberikan keleluasaan pada pergelangan tangan.

Baca juga: Peraturan Bulu Tangkis Nomor Ganda

Adanya keleluasaan pergelangan tangan membuat seorang pemain dalam olahraga bulu tangkis bisa melepaskan pukulan secara optimal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com