Kompas.com - 11/04/2021, 10:20 WIB
Valentino Rossi saat sesi tes Qatar jelang MotoGP 2021 Gareth HarfordValentino Rossi saat sesi tes Qatar jelang MotoGP 2021

KOMPAS.com - Ban menjadi salah satu faktor krusial pada ajang balap motor paling bergengsi di dunia, MotoGP.

Jika diperhatikan, motor-motor MotoGP menggunakan ban botak alias tanpa alur atau kembangan.

Tak hanya di MotoGP, ban botak alias gundul juga digunakan pada ajang balap motor lainnya yang dilangsungkan di sirkuit aspal.

Lantas kenapa motor balap MotoGP menggunakan ban botak?

Baca juga: Kenapa Bola dalam Bola Voli Berwarna Kuning dan Biru?

Menurut On Vehicle Test PT Gajah Tunggal Tbk, Zulpata Zainal, seperti dikutip dari KOMPAS.com Otomotif, penggunaan ban botak alias tanpa alur pada ajang balap bukannya tanpa alasan.

Sebagai informasi, ban motor untuk balap memang berbeda dengan ban motor biasa yang digunakan sehari-hari.

Pada ajang MotoGP, pemilihan ban sangatlah penting karena bisa menjadi faktor penentu hasil balapan.

Dalam pemilihan ban, tim-tim MotoGP dengan bantuan pemasok ban akan mempertimbangkan faktor cuaca dan juga suhu lintasan atau trek.

Baca juga: Berapa Harga Satu Motor MotoGP?

Selain soal kompon (soft, medium, dan hard,), pemilihan jenis ban pada balapan MotoGP juga mempertimbangkan cuaca yakni dry race (balapan kering) atau wet race (balapan basah/hujan).

Ketika balapan dinyatakan sebagai balapan kering atau dry race, jenis ban yang paling sering digunakan adalah ban botak (slick tire).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X