Kompas.com - 11/04/2021, 07:40 WIB
Livery Ducati Desmosedici GP21 untuk MotoGP 2021 Dok. DucatiLivery Ducati Desmosedici GP21 untuk MotoGP 2021

KOMPAS.com - Pebalap di ajang balap tingkat atas, MotoGP, membutuhkan kebugaran untuk bisa melakoni kompetisi semusim penuh.

Terlebih dalam sebuah balapan, setiap pebalap harus mengendalikan motornya secara mumpuni di lintasan hingga bendera finis dikibarkan.

Salah satu tantangan dalam balapan adalah mengendarai motor melintasi setiap tikungan di lintasan dalam periode tertentu.

Lantas berapa berat sebuah unit motor balap di kelas MotoGP yang dipakai oleh setiap pebalap setiap musimnya?

Berat minimum sebuah unit motor balap di kelas MotoGP dengan kapasitas silnder mesin antara 801 cc hingga 1.000 cc adalah 157 kg.

Mengutip buku peraturan resmi ajang balap MotoGP yang dikeluarkan oleh Federasi Olahraga Sepeda Motor Internasional (FIM), sebuah tim bisa menambahkan pemberat untuk mencapai batas aturan berat minimum motor di kelas MotoGP.

Adapun, berat sebuah unit motor balap di kelas MotoGP akan diperiksa secara rutin, seperti pada akhir sesi latihan resmi maupun seusai balapan.

Baca juga: Berapa Harga Satu Motor MotoGP?

Kondisi motor ketika bobotnya diperiksa harus sama persis dengan keadaan ketika mengikuti sesi latihan atau balapan di lintasan.

Termasuk dengan kondisi oli atau cairan lainnya dalam tingkat normal, tangki bahan bakar terpasang, serta peralatan lain seperti perangkat elektronik untuk pengukur waktu dan pengirim data lainnya.

FIM dan penyelenggara ajang balap MotoGP sendiri turut mengatur kapasitas bahan bakar dalam setiap balapan yang tidak boleh melewati batas maksimal yakni 22 liter.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X