Kompas.com - 28/03/2021, 21:00 WIB
Ilustrasi Permainan Tenis Meja Encyclopaedia BritannicaIlustrasi Permainan Tenis Meja

KOMPAS.com - Tenis meja atau disebut juga dengan pingpong adalah jenis olahraga raket yang dimainkan oleh dua orang (tunggal) atau dua pasangan (ganda).

Tenis meja termasuk dalam permainan bola kecil. Bola yang digunakan dalam tenis meja biasanya terbuat dari seluloid dengan diamter 38 mm hingga 54 mm.

Namun, ukuran bola tenis meja yang sesuai standar Federasi Tenis Meja Internasional (ITTF) adalah berdiameter 40 mm dengan berat 2,7 gram dan berwarna putih atau oranye.

Selain bola, peralatan lain yang digunakan dalam permainan tenis meja adalah raket yang disebut dengan bet serta meja lapangan.

Bet tenis meja memiliki berat sekitar 150 gram dengan daun bet berbentuk datar dan 85 persen terbuat dari kayu. Tebal bet busa karet adalah 2 mm, sedangkan bet karet bintik maksimal 4 mm.

Untuk meja lapangan, panjangnya adalah 274 cm dengan lebar 152,5 cm dan tinggi 76 cm. Lebar garis pinggir meja adalah 2 cm.

Baca juga: Tenis Meja: Sejarah, Peraturan, dan Teknik Dasar

Meja lapangan untuk tenis meja umumnya berwarna gelap dengan garis berwarna putih. Meja lapangan berwarna hijau adalah yang paling populer.

Adapun, untuk ukuran net tenis meja adalah panjang jaring 1,83 meter, lebar jaring 15,25 cm, tinggi jaring dari permukaan lapangan 15,25 cm, dan jarak ujung jaring dengan tepi lapangan 15,25 cm.

Setelah mengenal apa itu tenis meja dan peralatan yang digunakan, selanjutnya kita akan membahas ragam pukulan dalam tenis meja.

Mengutip dari Pingpong Fandom, ada berbagai jenis pukulan dalam tenis meja. Berikut adalah jenis-jenis pukulan tenis meja dan penjelasannya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X