Asal-usul Rabona, Teknik Tendangan Silang dalam Sepak Bola ala Erik Lamela

Kompas.com - 15/03/2021, 11:40 WIB
Erik Lamela melakukan tendangan rabona dalam laga Arsenal vs Tottenham Hotspur pada pertandingan Liga Inggris 2020-2021 yang dilangsungkan di Stadion Emirates, London, Minggu (14/3/2021). AFP/JULIAN FINNEYErik Lamela melakukan tendangan rabona dalam laga Arsenal vs Tottenham Hotspur pada pertandingan Liga Inggris 2020-2021 yang dilangsungkan di Stadion Emirates, London, Minggu (14/3/2021).

KOMPAS.com - Pemain tengah Tottenham Hotspur, Erik Lamela, mencetak sebuah gol indah ketika timnya menghadapi Arsenal pada pertandingan pekan ke-28 Liga Inggris, Minggu (14/3/2021) malam WIB.

Menerima umpan Lucas Moura di dalam kotak penalti lawan, Lamela menjebol gawang Arsenal melalui sebuah tembakan menyilang menggunakan kaki kiri.

Dalam istilah sepak bola, gerakan yang dilakukan Erik Lamela itu disebut dengan rabona.

Selain Lamela, bintang-bintang sepak bola dunia seperti Cristiano Ronaldo, Angel Di Maria, Neymar, hingga sang legenda Ronaldinho kerap melakukan teknik seperti itu.

Pada dasarnya, rabona adalah gerakan menendang bola dengan cara menyilangkan kedua kaki, di mana ketika menendang tetap menggunakan kaki terkuat.

Baca juga: Hasil Arsenal Vs Tottenham, Gol Lacazette Kunci Comeback The Gunners

Sebagai contoh adalah gerakan Rabona oleh Erik Lamela yang merupakan pemain berkaki kiri alias kidal.

Ketika Lamela menerima umpan, bola berada di sisi kanan tubuhnya. Gelandang asal Argentina itu lantas menyilangkan kaki kiri ke belakang kaki kanan yang menjadi tumpuan, lalu melepaskan tembakan.

Seorang pemain sepak bola tak hanya melalukan rabona untuk mencetak gol, tapi juga ketika dia ingin mengumpan atau mengecoh lawan.

Dibutuhkan ketepatan dan skill tinggi untuk mengeksekusi bola menggunakan teknik rabona. Lantas, bagaimana sebenarnya asal-usul rabona?

Baca juga: Rabona: Skill Tendangan Silang Kaki, Ditemukan Pemain Argentina atau Italia?

Asal-usul Rabona

Ada beberapa versi terkait asal-usul teknik tendangan sepak bola yang akhirnya disebut sebagai rabona.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X