Kompas.com - 15/03/2021, 09:20 WIB
Pebola voli Indonesia memblok smash dari pemain Korea Selatan pada pertandingan babak perempatfinal bola voli putri Asian Games 2018 di Tennis Indoor Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (29/8/2018). Tim voli Korea Selatan menang dan melanjutkan ke semifinal. KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGPebola voli Indonesia memblok smash dari pemain Korea Selatan pada pertandingan babak perempatfinal bola voli putri Asian Games 2018 di Tennis Indoor Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (29/8/2018). Tim voli Korea Selatan menang dan melanjutkan ke semifinal.

KOMPAS.com - Atlet muslim berhijab di ajang internasional kerap menjadi sorotan dan menuai pro kontra, termasuk di dunia bola voli.

Beberapa kejadian membuat seseorang atlet muslim yang berhijab terpaksa mengundurkan diri atau didiskualifikasi karena pakaian yang ia kenakan.

Salah satu yang terjadi adalah seorang siswi sekolah menengah di Amerika Serikat, Najah Aqeel, harus didiskualifikasi karena mengenakan hijab yang dianggap tidak sesuai peraturan.

Kala itu, wasit memberikan pilihan kepada Aqeel untuk membuka hijab atau mundur mengingat peraturan Federasi Nasional Asosiasi Sekolah Menengah (NFHS).

Baca juga: KSAD Andika Perkasa: Mantan Atlet Voli Putri Aprilia Manganang Dipastikan Laki-laki

Adapun aturan tersebut mengatakan aksesori di bagian rambut yang dilegalkan adalah berbahan lembut dan memiliki lebar kurang dari tiga inci.

Sementara jilbab yang dikenakan Aqeel saat itu lebih lebar.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, awal tahun 2021 menjadi sejarah di dunia bola voli Amerika Serikat, yakni penggunaan hijab untuk level sekolah menengah di sana diperbolehkan.

Pro dan kontra soal hijab di dunia voli ini juga sempat menjadi perbincangan pada ajang Olimpiade 2016 Rio de Janeiro.

Baca juga: Olimpiade Tokyo, Ambisi Timnas Voli China

Saat itu, atlet voli pantai asal Mesir, Doaa Elghobashy, unjuk gigi di atas lapangan dengan kostum tertutup dan berhijab.

Seperti diketahui, kostum voli pantai kebanyakan mengenakan bikini atau jersey yang lebih terbuka dibanding voli indoor.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X