Shin Tae-yong, Timnas Indonesia, dan Budaya "Keras" Korea Selatan

Kompas.com - 13/11/2020, 05:20 WIB
Pelatih timnas U19 Indonesia, Shin Tae-yong, memimpin TC di Kota Split, Kroasia. Dok. PSSIPelatih timnas U19 Indonesia, Shin Tae-yong, memimpin TC di Kota Split, Kroasia.

KOMPAS.com - Kali pertama pelatih Shin Tae-yong melatih timnas Indonesia senior, dia menggegerkan pencinta sepak bola Indonesia.

Bagaimana tidak, ucapan pelatih sekaligus manajer timnas Indonesia tersebut tergolong "kasar di telinga" masyarakat Tanah Air.

Shin Tae-yong mengatakan pemain selevel timnas Indonesia tak bisa bermain sepak bola.

"Kalian ini mengoper (bola) saja tidak bisa. Anak sekolah dasar saja bisa passing seperti ini," kata Shin Tae-yong.

"Kalian ini, kan, pemain timnas. Apa tidak malu dengan predikat ini?" ujar dia pada 18 Februari 2020.

Baca juga: Bek Timnas U19 Indonesia: Latihan Virtual Bagus, tetapi...

Begitu juga dengan yang dia ucapkan ketika melihat kiper Andritany Ardhiyasa, Nadeo Argawinata, maupun penjaga gawang lainnya, yang dikatakan seperti kakek-kakek.

"Hey, gerakan kamu seperti kakek-kakek umur 60 tahun. Kamu kan masih muda. Ayo, lebih kuat," ujar pelatih asal Korea Selatan itu.

Beruntung, pemain "terhebat" se-Tanah Air tersebut tidak baper alias bawa perasaan atas apa yang diucapkan Shin Tae-yong.

Mereka masih mau dilatih oleh pelatih yang pernah merendahkan skill mereka.

Sejujurnya, mental seperti itulah yang seharusnya dimiliki oleh pemain timnas Indonesia maupun pesepak bola lainnya di Tanah Air.

Baca juga: Raih Kepercayaan Shin Tae-yong, Serdy Ephy Ogah Jatuh di Lubang Sama

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X