Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resmi Cuti Musim Depan, Andrea Dovizioso Janji Bakal Kembali ke MotoGP

Kompas.com - 12/11/2020, 11:30 WIB
Ervan Yudhi Tri Atmoko

Penulis

Sumber MotoGP

KOMPAS.com - Andrea Dovizioso secara resmi mengumumkan bahwa ia bakal cuti dari Kejuaraan Dunia MotoGP 2021. Pebalap Ducati itu tidak akan mengikuti balapan atau menerima tawaran apa pun pada musim depan.

Kontrak Andrea Dovizioso di Ducati akan habis pada akhir musim ini. Masalah gaji disebut menjadi penyebab Ducati tak memperpanjang pebalap asal Italia tersebut.

Dovizioso sempat dikabarkan bakal pindah ke tim lain, baik sebagai pebalap ataupun test rider.

Salah satu rumor yang sempat beredar adalah ia akan pindah ke Yamaha setelah pabrikan berlogo Garpu Tala itu siap melepas Jorge Lorenzo ke Aprilia.

Namun, berbagai kabar tersebut akhirnya terbantahkan karena Dovizioso memutuskan cuti dari MotoGP musim depan.

Baca juga: Alex Marquez soal Jatuh: Ada 2 Opsi, Tabrak Dovizioso atau Hanya Saya...

Keputusan itu ia sampaikan melalui sebuah unggahan di akun Instagram pribadinya pada Rabu (11/11/2020).

"Inilah yang akan saya lakukan pada tahun 2021," tulis Dovizioso.

"Selama beberapa bulan terakhir, saya telah menerima beberapa tawaran untuk bekerja sebagai pebalap tes dalam mengembangkan proyek MotoGP. Saya berterima kasih atas pertimbangan yang diterima oleh pabrikan," imbuhnya.

"Namun, saya telah memutuskan untuk tidak membuat komitmen apa pun dan tetap bebas dari perjanjian formal untuk saat ini," tandasnya.

Meskipun begitu, Dovizioso juga menyampaikan bahwa ia bakal kembali ke MotoGP pada musim 2022.

Baca juga: Rasakan Meriang pada MotoGP Eropa, Dovizioso Berharap Tak Kena Covid-19

"Saya memiliki hasrat yang besar untuk balapan. Saya masih memiliki ambisi untuk bersaing dan berjuang untuk menang. Saya akan kembali ke MotoGP segera setelah saya menemukan proyek yang didorong oleh hasrat dan ambisi yang sama dengan yang saya miliki," tulis Dovizioso melanjutkan.

Saat ini, Andrea Dovizioso menempati peringkat keenam klasemen MotoGP 2020 kategori pebalap.

Pebalap berusia 34 tahun itu mengoleksi 117 poin dan berhasil membukukan satu kemenangan pada musim ini.

Dovizioso menegaskan, ia ingin menyelesaikan musim ini dengan posisi sebaik mungkin di tabel klasemen.

Baca juga: Joan Mir Bisa Kunci Gelar Juara Dunia pada MotoGP Valencia, jika...

"Sekarang saya fokus menyelesaikan Kejuaraan Dunia dengan cara terbaik, dan saya sudah mulai mengembangkan beberapa proyek dengan mitra saya," tegasnya.

Andrea Dovizioso bergabung dengan Ducati pada 2013. Sebelumnya ia empat musim membela Honda dan semusim memperkuat tim Yamaha Tech3.

Sejauh ini, prestasi tertinggi Dovizioso bersama Ducati di pentas MotoGP adalah menjadi runner up dunia tiga kali beruntun pada 2017,2018, dan 2019.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

???????? THIS IS WHAT I'M GOING TO DO IN 2021 Over the last few months, I have received several offers to work as a test rider in developing MotoGP projects and I am grateful for the consideration received by the manufacturers. However, I have decided not to make any commitments and to remain free from formal agreements for now. I have an immense passion for racing. I still have the ambition to compete and fight to win. I will return to MotoGP as soon as I find a project driven by the same passion and ambition that I have and within an organization that shares my same objectives, values and working methods. Now I am focused on finishing the World Championship in the best possible way, and I have already started developing some projects with my partners. ???????? ECCO COSA FARÓ NEL 2021 Nel corso degli ultimi mesi ho ricevuto le proposte di alcune Case per partecipare nel 2021 come test rider al lavoro di sviluppo dei loro progetti in MotoGP. La cosa mi ha fatto molto piacere e sono grato per la considerazione ricevuta. Nonostante queste opportunità ho deciso di non prendere nessun impegno e di rimanere libero per ora da accordi formali. Ho un’immensa passione per le gare e ho ancora l’ambizione di voler correre e lottare per la vittoria. Tornerò quindi in MotoGP se e quando troverò un progetto guidato da altrettanta passione e ambizione e all’interno di un’organizzazione che condivida obiettivi, valori e metodo di lavoro. Ora sono focalizzato nel terminare il mondiale nel miglior modo possibile e ho gia’ iniziato a sviluppare alcuni progetti con i miei partners per il futuro. #Dovi04 #AD04 #undaunted #ForzaDucati #MotoGP #Alpinestars #SuomyHelmets #RedBull #Biotekna #Mondottica #DucatiEyewear #lentidavistaGalileo #MucOff ???? @calloalbanese

A post shared by Andrea Dovizioso (@andreadovizioso) on Nov 10, 2020 at 8:58am PST

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber MotoGP
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com