Ivan Rakitic Putuskan Pensiun dari Timnas Kroasia

Kompas.com - 22/09/2020, 11:00 WIB
Ivan Rakitic mendapat apresiasi dari Asosiasi Sepak Bola Kroasia saat hendak menjalani partai ke-100 bersama timnas, jelang laga versus Spanyol di Elche, 11 September 2018. AFP/JOSE JORDANIvan Rakitic mendapat apresiasi dari Asosiasi Sepak Bola Kroasia saat hendak menjalani partai ke-100 bersama timnas, jelang laga versus Spanyol di Elche, 11 September 2018.

KOMPAS.com - Gelandang Sevilla, Ivan Rakitic, resmi mengumumkan gantung sepatu dari karier internasionalnya bersama timnas Kroasia.

Hal itu disampaikan langsung oleh Rakitic pada Senin (21/9/2020) waktu setempat, sebagaimana dikutip dari laman resmi Federasi Sepak Bola Kroasia (HNS).

"Mengucapkan selamat tinggal kepada tim nasional Kroasia adalah keputusan tersulit dalam karier saya," ucap Rakitic dikutip Kompas.com dari laman resmi HNS.

"Tetapi, saya merasa inilah waktu yang tepat untuk membuat keputusan itu," ucapnya.

Baca juga: Ivan Rakitic Kembali Pulang ke Cinta Sejatinya

"Saya sangat menikmati setiap pertandingan yang saya mainkan untuk tanah air saya," imbuhnya.

Rakitic menambahkan bahwa momen tak terlupakan saat membela Kroasia adalah tampil di final Piala Dunia 2018.

Pemain yang kini berusia 32 tahun berhasil membawa Kroasia tampil di Piala Dunia 2018 Rusia.

Kala itu, Kroasia berhadapan dengan timnas Perancis di partai puncak. Namun, Rakitic dkk gagal membawa pulang trofi tersebut setelah kalah 2-4 dari Perancis.

Baca juga: Enam Musim Ivan Rakitic di Barcelona, Berapa Trofi yang Diraih?

Kendati gagal membawa pulang trofi Piala Dunia, Rakitic mengatakan bahwa momen bisa membawa negara tercintanya ke final adalah hal yang tak terlupakan.

"Momen tak terlupakan bersama Kroasia adalah membawa negara saya tampil di final Piala Dunia. Momen itu akan selalu menjadi favorit saya," ujar Rakitic.

Ivan Rakitic memulai debutnya bersama tim senior Kroasia saat berusia 19 tahun lima bulan 29 hari.

Rakitic mencatatkan debutnya saat Kroasia melawan Estonia pada 8 September 2007, di kualifikasi Euro 2008.

Baca juga: Jesus Navas Senang Ivan Rakitic Kembali ke Sevilla

Rakitic mengakhiri karier internasionalnya dengan total 106 penampilan dan sukses mencetak 15 gol untuk timans senior Kroasia.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X