Kevin Sanjaya Akui Ekspektasi Tinggi Publik Membuatnya Merasa Tertekan

Kompas.com - 24/05/2020, 15:10 WIB
Ganda putra Indonesia Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Marcus Fernaldi Gideon saat melawan ganda putra Indonesia Mohammad Ahsan dan Hendra Setiawan dalam final Blibli Indonesia Open 2019 di Istora Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (21/7/2019). Marcus-Kevin keluar sebagai juara setelah menang 21-19, 21-16. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGGanda putra Indonesia Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Marcus Fernaldi Gideon saat melawan ganda putra Indonesia Mohammad Ahsan dan Hendra Setiawan dalam final Blibli Indonesia Open 2019 di Istora Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (21/7/2019). Marcus-Kevin keluar sebagai juara setelah menang 21-19, 21-16.

KOMPAS.com - Pebulu tangkis ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo, mengakui bahwa ekspektasi tinggi publik membuatnya merasa tertekan.

Kevin mengatakan, ekspektasi masyarakat yang selalu mengharapkan dirinya menjadi juara pada setiap turnamen kerap membebani pikirannya.

Hal tersebut ia ungkapkan dalam sebuah perbincangan via live Instagram bersama PB PBSI, Sabtu (23/5/2020), seperti dikutip dari Antara.

"Tertekan batin, jiwa, raga, dan semuanya," kata Kevin.

Baca juga: Jalan Hidup Kevin Sanjaya, Ditolak Audisi hingga Jadi Nomor 1 Dunia

Kendati demikian, pasangan Marcus Fernaldi Gideon itu selalu berusaha untuk tetap menjaga fokus dan bermain lepas agar bisa memberikan penampilan terbaik pada setiap kejuaraan yang ia ikuti.

"Tapi kalau lagi main enggak memikirkan ekspektasi masyarakat. Fokus bermain aja," ucapnya.

Dalam lima tahun terakhir, pasangan Marcus/Kevin telah menorehkan sederet prestasi dan sukses mengumpulkan lebih dari 30 gelar juara.

Meski bergelimang prestasi, pasangan yang dijuluki The Minions itu juga mengalami beberapa kegagalan.

Baca juga: Tiga Pebulu Tangkis yang Ingin Duet dengan Kevin Sanjaya

Salah satunya pada Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2019 di mana langkah mereka terhenti pada babak kedua seusai dikalahkan pasangan Korea Selatan, Choi Sol-gyu/Seo Seung-jae.

Kegagalan meraih gelar juara juga dirasakan Marcus/Kevin ketika berlaga pada BWF World Tour Finals 2019.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X