Cerita Piala AFF 2010, Hamka Hamzah: Tak Mungkin Kami Disuap

Kompas.com - 18/04/2020, 16:30 WIB
Empat pemain timnas Indonesia berpose bersama trofi AFF Suzuki Cup di FX Mall, Jakarta, Minggu (9/11/2014). Dari kiri ke kanan: Evan Dimas, Raphael Maitimo, Hamka Hamzah, dan Irfan Bachdim. Dok. Liga IndonesiaEmpat pemain timnas Indonesia berpose bersama trofi AFF Suzuki Cup di FX Mall, Jakarta, Minggu (9/11/2014). Dari kiri ke kanan: Evan Dimas, Raphael Maitimo, Hamka Hamzah, dan Irfan Bachdim.

KOMPAS.com - Momen Piala AFF 2010 masih teringat jelas bagi bek timnas Indonesia saat itu, Hamka Hamzah.

Begitu juga dengan pencinta sepak bola Tanah Air, timnas Indonesia saat dibesut pelatih Alfred Riedl pada gelaran Piala AFF 2010 dibilang masa kejayaan skuad Garuda "tanpa mahkota".

Seiring berjalannya waktu, momen timnas di Piala AFF tersebut kembali mencuat pada tahun 2018.

Terlebih, menyebar kabar bahwa beberapa pemain timnas Indonesia mendapat uang suap agar tak bermain maksimal sehingga Garuda kalah.

Hamka Hamzah tentu angkat bicara tentang hal tersebut.

Baca juga: Makna di Balik Motif Jersey Anyar Timnas Indonesia

"Kalau ada orang yang bilang kita nggak mau juara, waduh tuh, dosanya bisa dibawa sampai mati," kata Hamka Hamzah saat berbincang dengan Rian D'Massiv di YouTube.

"Mulai dari Ketua PSSI, sampai bawah-bawah, semua pengen juara, tanpa terkecuali."

"Maka orang bilang 'kan dapat duit (suap) segini'," jelas bek bernomor 23 itu kepada Rian di akun YouTube Rian Ekky Pradipta yang tayang pada 8 April 2020.

Padahal, lanjut dia, bonus pemain jika juara Piala AFF 2010 berkali-kali lipat dari jumlah dugaan suap.

"Kita itu, seorang (pemain) bonusnya bisa sampai 1 miliar lebih. Itu bonus hanya dari pengurus, belum lagi dari presiden atau dari hamba-hamba Tuhan pencinta sepak bola."

Baca juga: Shin Tae-yong Ungkap Keinginannya pada Pemain Timnas Indonesia

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X