Persib, Arema, hingga Persija, Kenapa Julukan Klub Indonesia Pakai Jenis Hewan?

Kompas.com - 17/04/2020, 13:20 WIB
Maskot perwakilan klub saat pembukaan Liga 1 2020 sebelum laga Persik Kediri melawan Persebaya Surabaya di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (29/02/2020) malam. KOMPAS.com/SUCI RAHAYUMaskot perwakilan klub saat pembukaan Liga 1 2020 sebelum laga Persik Kediri melawan Persebaya Surabaya di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (29/02/2020) malam.

KOMPAS.com - Tidak sedikit julukan-julukan klub di Indonesia berasal dari jenis hewan.

Misalnya saja Persib Bandung dijuluki Maung Bandung, Arema FC dengan Singo Edan, Persebaya Bajul Ijo atau Persija Jakarta Macan Kemayoran.

Begitu juga tim-tim dari luar Pulau Jawa seperti Borneo FC dengan julukan Pesut Etam (Pesut merupakan mamalia langka), PSM Makassar Juku Eja (ikan merah), hingga Semen Padang Kabau Sirah (kerbau merah).

Tentu banyak cerita di balik penggunaan julukan tersebut sehingga melekat dan dirasa pas dengan keinginan penggemarnya.

Di sisi lain, penggunaan julukan tersebut melekat erat dengan makna konotatif yang dapat dijabarkan dengan teori semiotika milik Ferdinand de Saussure.

Baca juga: Asal-usul, Menelusuri Julukan Maung Bandung bagi Persib

Dalam teori tersebut, Ferdinand membagi dua pemaknaan, yakni denotasi dan konotasi.

Mudahnya, denotasi merupakan makna yang terkandung di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Sementara konotasi merupakan makna lanjutan mengikuti perkembangan.

"Julukan itu dalam secondary signification milik Ferdinand de Saussure," kata Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Fajar Junaedi.

"Maksudnya, bukan hanya merujuk kepada makna denotasi dari hewan tersebut, namun lebih dimaknai sebagai makna konotatif."

"Alasannya tentu dengan makna konotatif tersebut akan membangkitkan semangat pemain, dan fans bisa melakukannya dengan membuat giant atau mini flag bergambar hewan tersebut," jelas dosen berambut gondrong itu.

Baca juga: Asal-usul Jinx, dari Kesombongan hingga Jimat yang Tak Bekerja

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X