Latihan Bela Diri Jadi Kunci Kesuksesan Bintang NBA Shaquille O'Neal

Kompas.com - 17/04/2020, 08:40 WIB
Shaquille ONeal saat masih bermain untuk Los Angeles Lakers. AFP/RHONA WISEShaquille ONeal saat masih bermain untuk Los Angeles Lakers.

KOMPAS.com - Salah satu mantan pebasket yang berperan pada era kejayaan Los Angeles Lakers, Shaquille O'Neal, mengungkapkan salah satu kunci kesuksesannya selama berkarier di dunia bola basket profesional.

Selama aktif bermain, mantan rival sekaligus rekan setim Kobe Bryant ini sukses merengkuh empat gelar juara liga bola basket NBA.

Tiga di antaranya diraih secara beruntun (three-peat) bersama Los Angeles Lakers pada kurun waktu 2000-2002.

Adapun satu gelar lagi ia rengkuh kala berseragam Miami Heat (2006).

Pebasket yang berposisi sebagai center ini juga 14 kali mencatatkan namanya dalam tim All-Star NBA.

O'Neal menyatakan pensiun pada usia 38 tahun. Musim 2010-2011 bersama Boston Celtics menjadi momen terakhirnya sebagai pemain.

Baca juga: Kobe Bryant dan Kolaborasi yang Tak Tuntas dengan Shaquille ONeal

Di balik kesuksesannya, O'Neal mengungkapkan bahwa berlatih bola basket saja tak cukup untuk mendapatkan bentuk permainan terbaik.

Selain basket, dia mengaku bahwa seni bela diri campuran (mixed martial art/ MMA) adalah olahraga yang menjadi salah satu kunci keberhasilannya selama aktif bermain.

"MMA adalah alasan saya menjadi juara. Saya selalu berlatih basket, tetapi itu tidak cukup. Ketika saya bermain basket, lebih mirip dengan bergulat," ucap O'Neal yang dikutip dari ESPN.

"Jadi, ketika saya berlatih MMA dengan Jon Burke, seorang teman saya di Orlando, saya kembali merasakan bentuk terbaik dalam hidup. Itu pada tahun 2000. Menang dan menominasi."

Halaman:


Sumber ESPN
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X