Presiden UEFA Buka Suara soal Kelanjutan Kompetisi Musim Ini

Kompas.com - 29/03/2020, 09:40 WIB
Presiden baru UEFA, Aleksander Ceferin, berpidato setelah terpilih memimpin badan tertinggi sepak bola Eropa tersebut dalam Kongres Luar Biasa Ke-12 UEFA di Lagonissi, Athena Selatan, Rabu (14/9/2016). Pria asal Slovenia ini menggantikan Michel Platini yang sedang menjalani hukuman akibat kasus hukum. ARIS MESSINIS/AFPPresiden baru UEFA, Aleksander Ceferin, berpidato setelah terpilih memimpin badan tertinggi sepak bola Eropa tersebut dalam Kongres Luar Biasa Ke-12 UEFA di Lagonissi, Athena Selatan, Rabu (14/9/2016). Pria asal Slovenia ini menggantikan Michel Platini yang sedang menjalani hukuman akibat kasus hukum.

KOMPAS.com - Presiden UEFA Aleksander Ceferin mengonfirmasi bahwa saat ini pihaknya sedang menyusun rencana agar kompetisi musim ini bisa dituntaskan.

Liga-liga top Eropa saat ini sedang ditangguhkan akibat dari pandemi corona.

Meski kompetisi tengah ditangguhkan, Ceferin mengungkapkan bahwa UEFA terus bekerja agar musim ini bisa diselesaikan.

"Untuk saat ini, tidak ada yang tahu kapan pandemi corona akan berakhir," ungkap Ceferin, seeprti dilansir dari Football Esapana.

Baca juga: Dampak Virus Corona, Semua Kompetisi UEFA Pekan Depan Resmi Ditunda

"Kami sedang mengerjakan rencana A, B, dan C untuk memulai kembali pada pertengahan Mei, Juni, atau akhir Juni," imbuh Ceferin.

Ceferin menambahkan, UEFA juga melakukan kontak dengan federasi-federasi anggota untuk merumuskan waktu potensial kompetisi musim ini bisa dituntaskan.

Meski demikian, UEFA juga sudah siap dengan skenario terburuk, yaitu kompetisi musim ini tidak bisa dituntaskan.

"Namun, jika kita tidak bisa melakukan itu pada rencana yang sudah disusun, musim ini mungkin bisa hilang," kata Ceferin menjelaskan.

Baca juga: Blunder UEFA soal Penamaan Euro 2020 yang Digelar pada 2021

Selain itu, Ceferin juga menyampaikan bahwa UEFA akan melakukan segala upaya agar para suporter bisa menyaksikan pertandingan domestik dan Eropa apabila kompetisi musim ini dilanjutkan.

"Kami terus menjalin kontak dengan liga-liga dan klub. Ada grup yang bekerja untuk itu, tetapi kita harus menunggu," tutur Ceferin.

"Sulit untuk membayangkan pertandingan tanpa penonton. Namun, hingga saat ini kami belum tahu apakah kompetisi bisa dilanjutkan, dengan atau tanpa penonton," kata Ceferin menambahkan.

Baca juga: Euro 2020 Ditunda, UEFA Ingin Liga-liga di Eropa Selesai pada 30 Juni

"Kami akan mencari solusi terbaik untuk masing-masing liga," tegas Ceferin.

Liga-liga top Eropa, termasuk Liga Italia, Liga Inggris, dan Liga Spanyol, saat ini ditunda akibat pandemi corona.

Selain liga-liga top Eropa, kompetisi Liga Champions dan Liga Europa juga mengalami penundaan.


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X