Dampak Virus Corona, Semua Kompetisi UEFA Pekan Depan Resmi Ditunda

Kompas.com - 13/03/2020, 18:40 WIB
Logo resmi UEFA DOK. Twitter UEFA/twitter.com/uefaLogo resmi UEFA

KOMPAS.com - Asosiasi Sepak Bola Eropa ( UEFA) secara resmi menunda semua pertandingan Liga Champions dan Liga Europa yang dijadwalkan bakal dihelat pekan depan.

UEFA melalui rilis resminya pada Jumat (13/3/2020) WIB menyampaikan bahwa semua pertandingan antarklub Eropa, termasuk Liga Champions dan Liga Europa, tidak akan digelar pekan depan.

"Mengingat perkembangan karena penyebaran COVID-19 di Eropa dan keputusan terkait yang dibuat oleh pemerintah yang berbeda, semua pertandingan kompetisi klub UEFA yang dijadwalkan minggu depan ditunda," demikian bunyi pengumuman resmi UEFA.

Keputusan untuk menunda pertandingan Liga Champions dan Liga Europa diambil sebagai langkah antisipasi penyebaran virus corona.

Baca juga: BREAKING: Laga Man City Vs Real Madrid di Liga Champions Resmi Ditunda

Laga-laga yang ditunda berdasarkan rilis resmi UEFA adalah pertandingan leg kedua babak 16 besar Liga Champions pada 17 dan 18 Maret 2020, leg kedua babak 16 besar Liga Europa pada 19 Maret 2020, dan pertandingan perempat final UEFA Youth League pada 17 dan 18 Maret 2020.

Berdasarkan keputusan UEFA tersebut, maka laga Juventus vs Lyon dan Manchester City pada leg kedua Liga Champions yang sejatinga bakal digelar pada Selasa (17/3/2020) malam waktu setempat atau Rabu dini hari WIB akan ditunda.

Selain itu, duel Barcelona vs Napoli dan Bayern Muenchen vs Chelsea yang awalnya bakal dihelat pada Rabu (18/3/2020) malam waktu setempat atau Kamis dini hari WIB juga ditunda.

UEFA menambahkan bahwa jadwal baru untuk pertandingan-pertandingan yang mengalami penundaan akan dibahas pada pertemuan berikutnya.

Baca juga: BREAKING NEWS - Seluruh Laga Premier League Ditunda Hingga Akhir Pekan 4 April

UEFA juga mengumumkan bahwa drawing atau undian perempat final Liga Champions dan Liga Europa yang sedianya bakal digelar pada 20 Maret 2020 juga mengalami penundaan.

UEFA mengambil keputusan tersebut setelah mengundang 55 anggota asosiasi bersama para petinggi Asosiasi Klub Eropa dan perwakilan liga-liga Eropa serta perwakilan FIFPro melalui konferensi video pada Selasa (17/3/2020) waktu setempat.

Agenda tersebut merupakan respons terhadap ditangguhkannya beberapa kompetisi liga Eropa akibat mewabahnya virus corona.

Baca juga: Dampak Virus Corona, Pertandingan Liga Champions Pekan Depan Resmi Ditunda

Pada Senin (9/3/2020) waktu Italia, Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte mengumumkan bahwa semua kompetisi olahraga termasuk Serie A, kompetisi kasta teratas Liga Italia, dihentikan untuk sementara.

Sementara itu, pihak LaLiga setuju untuk menunda pertandingan pekan ke-28 dan 29 Liga Spanyol untuk mencegah penyebaran virus corona.

Adapun, laga-laga Premier League, kasta tertinggi Liga Inggris, dan Football League, tiga divisi di bawah Premier League, bakal ditunda hingga 4 April 2020.



Sumber UEFA
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X