Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fungsi Epidermis pada Daun

Kompas.com - 13/11/2023, 22:00 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.comEpidermis adalah lapisan terluar dari tumbuhan. Pada daun, epidermis adalah lapisan setebal satu sel yang melapisi semua bagian daun. Apa fungsi epidermis pada daun?

Fungsi epidermis pada daun adalah:

  • Mengatur transpirasi dan melindungi daun dari kehilangan air
  • Melindungi daun dari herbivora
  • Melindungi daun dari kerusakan dan patogen

Baca juga: Daun: Pengertian, Struktur, dan Fungsinya

Mengatur transpirasi dan melindungi daun dari kehilangan air

Fungsi epidermis pada daun adalah melindunginya dari kehilangan air. seperti yang kita ketahui, air dalam tumbuhan dapat menguap ke udara melalui stomata daun.

Penguapan akan ters berlangsung, membuat daun kehilangan banyak air dan layu. Untuk mencegahnya, daun memiliki sel epidermis dan sel penjaga.

Dilansir dari CK-12, sel-sel epidermis menjahit sel-sel penjaga dengan erat sehingga sel-sel tersebut dapat mengembang hanya dengan membungkuk dan membentuk bukaan pori.

Sehingga, dapat dikatakan bahwa sel epidermis membantu mengatur transpirasi.

Baca juga: Bagaimana Cara Kerja Stomata?

Adapun, epidermis daun juga membentuk lapisan zat lilin yang disebut sebagai kutikula. Kutikula membantu mengurangi penguapan air, sehingga daun terhindar dari kehilangan air.

Selain kutikula, daun memiliki trikoma yang dapat memecah udara. Sehingga, mengurangi aliran udara yang dapat mempercepat laju transpirasi daun.

Melindungi daun dari herbivora

Lapisan epidermis daun membentuk rambut-rambut kecil dengan diameter sekitar 300 mikrometer yang disebut sebagai trikoma.

Baca juga: Jenis-jenis Hewan Herbivora dan Contohnya

Dilansir dari Biology LibreTexts, trikoma membantu mencegah hewan herbivora memakan daun dengan membatasi pergerakan serangga atau dengan menyimpan senyawa beracun juga rasa yang tidak enak.

Melindungi daun dari kerusakan dan patogen

Daun memiliki jaringan epidermis yang berbentuk sel trotoar. Dilansir dari Microbe Notes, sel trotoar merupakan sel-sel yang tersusun rapat dan membentuk lapisan pelindung.

Lapisan pelindung tersebut berperan sebaai penghalang fisil dari patogen penyebab penyakit, bahan kimia, dan juga radiasi.

Sel-sel trotoar juga berfungsi memberikan dukungan mekanik pada daun, sehingga daun tidak mudah mengalami kerusakan mekanik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com