Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Olahraga Pickleball dan Aturan Bermainnya

Kompas.com - 12/10/2023, 04:00 WIB
Rahma Atillah,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pickleball merupakan salah satu cabang olahraga baru di Indonesia, yang masuk pada tahun 2019. 

Pickleball menjadi salah satu olahraga yang berkembang cukup pesat, baik di dunia maupun di Indonesia. 

Nah, untuk mengenalnya lebih lanjut, berikut penjelasan mengenai olahraga pickleball beserta aturan bermainnya.

Baca juga: 5 Cabang Olahraga Atletik dan Jenisnya

Apa itu olahraga pickleball?

Olahraga pickleball ditemukan pada tahun 1965 oleh tiga orang dari Amerika Serikat bernama Joel Pritchard, Bill Bell, dan Barney McCallum di pulau Bainbridge dekat Seattle Washington. 

Pickleball adalah olahraga yang menggabungkan aspek tenis, bulu tangkis, dan tenis meja, yang menggunakan bola  plastik  berlubang  dengan seperangkat perlengkapan pemukul yang disebut Paddle.

Pickleball dimainkan oleh minimal dua orang pemain, atau paling sering dimainkan sebagai olahraga ganda, yaitu melibatkan dua tim dengan masing-masing dua orang. Namun, bisa juga dimainkan sebagai olahraga tunggal, yaitu satu lawan satu.

Olahraga ini dapat dilakukan baik di dalam maupun di luar ruangan, ukuran lapangan pickleball sama seperti ukuran lapangan bulu tangkis yaitu lebar 20 kaki dan panjang 44 kaki.

Pickleball  memiliki  banyak  manfaat,  termasuk  bersosialisasi  dengan  pemain lain, peningkatan  kesehatan  fisik,  kenikmatan,  dan  persahabatan  di  kehidupan selanjutnya.

Baca juga: Jenis Lapangan dalam Permainan Tenis

Aturan bermain pickleball

Setiap cabang olahraga tentu memiliki aturan dalam permainannya, begitu pula dengan pickleball. Aturan bermain ini berfungsi untuk mengatur jalannya permainan agar tidak kacau.

Pickleball sendiri memiliki aturan yang tidak jauh berbeda atau bahkan mirip dengan aturan permainan tenis, namun dengan beberapa modifikasi atau penyesuaian.

Lantas, bagaimana peraturan permainan pickleball? Adapun aturan dasar dalam permainan pickleball, sebagai berikut:

  • Tidak memukul bola di luar batas lapangan.
  • Bola harus diservis dengan tangan dan di bawah garis pinggang.
  • Setelah servis, bola harus memantul sekali di sisi lawan sebelum kembali ke sisi Anda untuk diservis lagi. Ini dikenal juga sebagai aturan dua pantulan. Kemudian, setelah bola dua kali memantul, pemain boleh melakukan pukulan voli.
  • Bola tidak bisa menyentuh zona non-volley saat melakukan servis.
  • Permainan berakhir pada 11, 15, atau 21 poin. Biasanya, permainan berakhir pada 11 poin, tetapi 15 dan 21 poin juga umum sebagai titik akhir permainan.

Baca juga: Peraturan Umum Permainan Tenis

 

Referensi:

  • Dani Primanata, dkk. 2021. Implementasi Permainan Pickleball Bagi Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Penjaskesrek Vol. 8, No. 1.
  • Muhammad Iqbal Jauhar Hanim. 2021. Olahraga Pilihan. Surabaya: Global Aksara Press.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com