Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berpikir komputasional: Pengertian dan Manfaat

Kompas.com - 10/10/2023, 03:30 WIB
Arfianti Wijaya,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Di era yang serbag teknologi membuat kebanyakan orang melakukan kegiatan yang berkaitan dengan teknologi. Segala macam permasalahan yang dihadapi sudah bisa terselesaikan dengan bantuan teknologi. 

Komputer menjadi salah satu teknologi yang terus berkembang dan sangat membantu kegiatan manusia. Komputer membuat kegiatan kita terselesaikan dengan lebih mudah.

Kita harus mampu berpikir seperti komputer yang mendapatkan solusi cepat ketika berhadapan dengan sebuah masalah. Pola berpikir tersebut dikenal sebagai berpikir komputasional.

Baca juga: 4 Fondasi Berpikir Komputasional

Pengertian berpikir komputasional

Dalam bahasa Inggris, berpikir komputasional dikenal dengan istilah Computational Thinking (CT).

Secara umum, istilah Computational Thinking (CT) pertama kali diperkenalkan oleh Seymor Papert pada tahun 1980.

Berpikir komputasional adalah suatu konsep atau cara untuk mengamati permasalahan dan mencari solusi atas permasalahan tersebut dengan menerapkan teknologi ilmu komputer.

Berpikir komputasional memang mengadaptasi pemikiran atau cara kerja yang berasal dari komputer. Maka dari itu, beberapa orang salah mengartikan bahwa berpikir komputasional harus menggunakan aplikasi komputer.

Padahal, pada kenyataannya yang dimaksud dengan berpikir komputasional tidak mengharuskan seseorang untuk menggunakan komputer.

Baca juga: Pengertian Berpikir Menurut Ahli

Ferragina dan Luccio menyebutkan bahwa berpikir komputasional adalah proses berpikir dengan cara merumuskan masalah dan menemukan alternatif-alternatif solusinya, sehingga prosedur/sistem/kegiatan mampu terlaksana dengan efektif dan efisien.

Paul S Wang menjelaskan berpikir komputasional dalam artian luas adalah aktivitas mental untuk mengabstraksikan masalah dan merumuskan solusi yang dapat diotomatisasi.

Berpikir komputasional merupakan suatu kemampuan untuk mengamati masalah, memecahkan masalah, hingga mengembangkan solusi penyelesaian masalah tersebut.

Dalam masyarakat yang sudah berbasis informasi, keterampilan berpikir komputasional penting untuk dimiliki oleh semua orang.

Manfaat berpikir komputasional

Berpikir komputasional memiliki manfaat, yaitu:

  • Melatih otak agar terbiasa untuk berpikir secara matematis, logis, terstruktur, dan kreatif.
  • Memudahkan seseorang untuk memecahkan permasalahan besar dan kompleks dengan cara yang efektif dan efisien. Masalah yang kompleks pun dapat terselesaikan dengan baik, sehingga menjadi masalah yang sederhana.
  • Memudahkan seseorang mengobservasi suatu permasalahan dan menemukan solusi atas permasalahan tersebut. Semakin banyak solusi yang dimiliki, maka permasalahan mampu terselesaikan dengan efektif dan efisien.

Baca juga: Arti Berpikir Radian dalam Membuat Mind Mapping

 

Referensi:

  • Siregar, Edison. (2022). Riset dan Seminar Sumber Daya Manusia. Bandung: Widina Media Utama.
  • Mustakim, Zaenal. (2022). Manajemen Perguruan Tinggi Keagamaan Islam. Pekalongan: Penerbit NEM.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com