Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Komponen Pokok dalam Pertumbuhan Ekonomi

Kompas.com - 30/08/2023, 03:00 WIB
Arfianti Wijaya,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Salah satu indikator keberhasilan pembangunan ialah pertumbuhan ekonomi.

Pertumbuhan ekonomi yang terjadi dalam suatu negara memiliki kaitan yang erat dengan kesejahteraan rakyatnya.

Simon Kuznets dalam buku Ekonomi Pembangunan dan Perencanaan oleh Jhingan (2000) mendefinisikan pertumbuhan ekonomi sebagai berikut:

Pertumbuhan ekonomi adalah kenaikan jangka panjang mengenai kemampuan suatu negara dalam menyediakan semakin banyak jenis barang-barang ekonomi kepada penduduknya. Kemampuan ini tumbuh sesuai dengan kemajuan teknologi, penyesuaian kelembagaan, dan ideologi yang diperlukannya.

Baca juga: Pertumbuhan Ekonomi: Pengertian dan Faktor-faktornya

Di bawah ini tiga komponen pokok dalam definisi pertumbuhan ekonomi menurut Simon Kuznets:

  • Pertama, pertumbuhan ekonomi suatu bangsa dapat dilihat dari meningkatnya secara terus-menerus persediaan barang yang ada.
  • Kedua, kemajuan teknologi menjadi faktor dalam pertumbuhan ekonomi yang menetukan derajat pertumbuhan kemampuan untuk penyesuaian aneka macam barang kepada penduduk.
  • Ketiga, penggunaan teknologi secara luas dan efisien memerlukan penyesuaian dalam bidang kelembagaan dan ideologi sehingga inovasi yang terlahir berkat ilmu pengetahuan dapat dimanfaatkan dengan tepat.

Baca juga: Teori Pertumbuhan Ekonomi Walt W. Rostow

Selain komponen-komponen di atas, Todaro dalam jurnal yang ditulis oleh Athaillah & Masbar (2013) juga menyebutkan komponen pokok dalam pertumbuhan ekonomi yang meliputi:

  • Akumulasi modal

Didapatkan dari tabungan dan investasi yang disisihkan dari pendapatan saat ini supaya dapat memperbesar produksi dan pendapatan di masa depan.

  • Pertumbuhan penduduk dan angkatan kerja

Secara tradisional, pertumbuhan penduduk dianggap faktor positif dalam mendorong pertumbuhan ekonomi.

  • Kemajuan teknologi

Kemajuan teknologi menjadi cara baru dan perbaikan dalam beroperasi. Terdapat tiga kelompok pokok kemajuan teknologi yaitu netral, hemat pekerja, dan hemat modal.

Baca juga: Ciri-ciri Pertumbuhan Ekonomi

 

Referensi:

  • Jhingan, M.L. (2000). Ekonomi Pembangunan dan Perencanaan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
  • Athaillah, A. H., & Masbar, R. (2013). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi Provinsi Aceh. Jurnal Ilmu Ekonomi: Program Pascasarjana Unsyiah, 1(3).
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com