Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Burung Puyuh Bisa Terbang?

Kompas.com - 03/06/2023, 16:00 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.comBurung puyuh adalah salah satu jenis burung yang kerap terlihat hidup di tanah seperti ayam dan kalkun. Ada suatu pertanyaan tentang burung puyuh, apakah burung puyuh bisa terbang?

Burung puyuh kerap dianggap sebagai burung yang tidak bisa terbang. Namun, tahukah kamu bahwa burung puyuh bisa terbang?

Burung puyuh bisa terbang

Meskipun memiliki tubuh yang gemuk, burung puyuh bisa terbang.

Dilansir dari Golden Gate Audubon Society, burung puyuh memang tidak terbang untuk jarak jauh namun mereka dapat terbang dalam jarak pendek dengan mengesankan.

Baca juga: Apakah Burung Bisa Terbang Saat Hujan?

Burung puyuh memiliki sayap dan otot-otot yang kuat, membuat mereka dapat terbang dengan baik dan mencapai kecepatan 40 mil per jam.

Burung puyuh juga dapat terbang cukup tinggi. Ketika terkejut ataupun merasa terancam, burung puyuh akan lepas landas dengan sangat cepat dan terbang menuju tempat tinggi untuk menghindari ancaman.

Beberapa spesies burung puyuh dapat melakukan migrasi. Anak-anak burung puyuh bahkan bisa mulai terbang pada usia sekitar dua minggu setelah lahir.

Kedua hal tersebut menunjukkan bahwa burung puyuh dapat terbang dengan baik.

Baca juga: Ciri-ciri Telur Puyuh

Lebih suka berlari

Meskipun dapat terbang dengan baik, burung puyuh lebih suka berada di atas tanah. Mereka jarang terlihat terbang, namun lebih sering dijumpai berlari di atas tanah.

Mengapa burung puyuh tidak suka terbang?

Dilansir dari Birdfact, burung puyuh hidup di habitat yang menyediakan banyak penutup tanah (seperti tumbuhan dan semak) yang membuat mereka lebih mudah untuk berlari dan bersembunyi daripada terbang dan menjauh.

Selain itu, tubuh burung puyuh telah beradaptasi dengan lebih baik di darat daripada di udara.

Mereka memilih untuk berlari daripada terbang karena memerlukan energi yang jauh lebih sedikit.

Baca juga: Mengapa Burung Bertubuh Panas?

Dilansir dari American Bird Conservancy, burung puyuh adalah pelari cepat yang dapat mencapai kecepatan lari sekitar 15 mil per jam.

Dengan kecepatan tersebut, burung puyuh dapat menghindari predator tanpa perlu melakukan penerbangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com