Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa itu Filosofis Musik?

Kompas.com - 11/05/2023, 17:00 WIB
Desi Selvia Ningrum,
Silmi Nurul Utami

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Musik tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari, yang artinya sudah menjadi bagian dari kehidupan kita.

Musik digunakan di dalam banyak situasi, baik untuk hiburan semata, opening ceremony dalam sebuah acara, ritual ibadah, bisnis, pembelajaran di dalam pendidikan, dan sebagainya.

Filosofi adalah pemikiran dengan cakupan yang kompleks dan terkadang sulit dimengerti. Filosofi adalah pandangan dunia yang sistematis. 

Ada istilah yang disebut sebagai filosofis musik. Apa yang dimaksud dengan filosofis musik? Berikut adalag penjelasannya!

Baca juga: Jenis dan Fungsi Seni Musik

Filosofis musik

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mendefinisikan arti filosofi sama dengan filsafat. Filosofi adalah kata yang diserap dari bahasa Belanda, filosofie.

Sementara filsafat berasal dari serapan bahasa Arab, falsafa. Kata ini berakar dari bahasa Yunani, philosophia.

Istilah Yunani ini terdiri dari kata philos yang berarti cinta atau sahabat dan kata sophia yang berarti kebijaksanaan, kearifan atau pengetahuan.

Filsafat adalah ilmu untuk mencari kebenaran dan prinsip-prinsip dengan menggunakan kekuatan akal, pandangan hidup yang dimiliki oleh setiap orang, kata-kata arif yang bersifat didaktis. 

Baca juga: Filsafat: Pengertian, Ciri Berpikir, dan Alirannya

Ciri khas filsafat adalah selalu mempertanyakan tentang segala sesuatu dengan cara berpikir yang amat mendasar atau radikal dan juga bersifat universal. 

Ciri lain dari berpikir filosois yakni berpikir menyeluruh. 

Musik adalah cabang seni, yaitu segala perbuatan manusia yang timbul dari hidupnya, perasaan dan sifat indah, hingga dapat menggerakkan jiwa/perasaan manusia.

Filsafat dalam bidang ilmu musik merupakan pemberi arah dan pedoman dasar bagi terciptanya landasan kokoh suatu sistem pendidikan seni musik.

Selain itu juga terciptanya usaha-usaha perbaikan maupun upaya pengembangan pendidikan seni musik.

Baca juga: Pengertian dan Fungsi Filsafat 

Filosofis pendidikan musik sebagai upaya kritis untuk meninjau kembali konsep, ilmu, dan keyakinan tentang pendidikan seni musik.

Fungsi dari filsafat ini adalah untuk memberikan arah dan petunjuk pelaksanaan pendidikan musik. 

 

Referensi:

  • Iswara, Prana Dwija. Pendidikan Musik: Permasalahan dan Pembelajarannya. 2017. Sumedang: UPI Sumedang Press.
  • Djuanda Dadan dan teman-teman. Ragam Model Pembelajaran di Sekolah Dasar. 2015.  Sumedang: UPI Sumedang Press.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com