Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenis-jenis Alat Pertanian

Kompas.com - 28/04/2023, 17:00 WIB
Desi Selvia Ningrum,
Silmi Nurul Utami

Tim Redaksi

KOMPAS.com Pertanian menjadi salah satu sektor yang mengalami kemajuan signifikan karena adanya perkembangan teknologi.

Salah satunya teknologi alat-alat pertanian modern yang digunakan yang mampu mengolah lahan, menanam, hingga memanen tanaman dengan lebih efektif dan efisien.

Terdapat berbagai jenis dan macam alat pertanian modern. Apa saja jenis alat pertanian tertanian tersebut? Berikut adalah jenis-jenis alat pertanian!

Baca juga: Manfaat IPTEK di Bidang Pertanian

Jenis-jenis alat pertanian, yaitu:

  • Traktor tangan 
  • Traktor beroda tunggal
  • Traktor mini 
  • Traktor besar
  • Mesin tanam
  • Mesin panen

Traktor tangan 

Traktor tangan fungsi utamanya adalah untuk mengolah tanah. Selain itu traktor tangan ini memiliki fungsi, seperti pompa air, alat prosesing, trailer, dan sebagainya.

Tanah-tanah di Indonesia bisa diolah menjadi lahan pertanian sehingga pertanian bisa menjadi mata pencaharian pokok masyarakat Indonesia pada umumnya.

Baca juga: Agriculture, Mengenal Istilah Pertanian dalam Bahasa Inggris

Diperlukan alat atau mesin untuk mempermudah pekerjaan petani dalam mengolah tanah sawahnya. Salah satunya adalah traktor tangan atau hand tractor/HT.

Traktor beroda tunggal

Daya mesin pada traktor beroda tunggal hanya akan disalurkan pada satu roda sehingga memerlukan adanya titik tumpu yang digunakan sebagai poros keseimbangan.

Pengemudi atau operator dari traktor beroda tunggal harus mampu mengatasi berbagai gaya bebas baik yang berasal dari traktor itu sendiri maupun yang berasal dari alat tambahannya.

Traktor mini 

Mini traktor merupakan jenis traktor yang dilengkapi dengan dua buah poros dan empat roda.

Sesuai dengan namanya, traktor ini mempunyai ukuran yang kecil yaitu panjangnya berkisar antara 1790 hingga 2070 milimeter, lebarnya 995 hingga 1020 milimeter.

Baca juga: Pengolahan Tanah untuk Lahan Pertanian Berkelanjutan

Traktor ini pun juga mempunyai berat yang relatif ringan yaitu 385 hingga 535 kilogram dan menggunakan mesin dua silinder atau lebih.

Kemudian untuk tenaga yang dihasilkan kurang lebih 13 hingga 40 tenaga kuda dengan enam percepatan maju dan dua percepatan mundur.

Traktor besar

Traktor besar dilengkapi dengan dua poros roda berjumlah 4 atau lebih.

Untuk spesifikasinya, panjang traktor ini 2650 hingga 3910 milimeter, lebarnya 1740 hingga 2010 milimeter dan daya yang dihasilkan kurang lebih 45 tenaga kuda.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com