Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ciri-ciri Jaringan Epitel

Kompas.com - 17/03/2023, 16:00 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.comJaringan epitel adalah jaringan yang melapisi seluruh permukaan tubuh. Apa ciri-ciri jaringan epitel? Ciri-ciri jaringan epitel adalah:

  • Sel-selnya tersusun secara rapat
  • Didukung oleh jaringan ikat
  • Regenerasi yang baik
  • Avaskular
  • Memiliki sel saraf

Sel-selnya tersusun secara rapat

Ciri-ciri jaringan epitel adalah sel-selnya yang tersusun secara rapat dalam satu atau lebih lapisan.

Baca juga: Jenis Jaringan Epitel dan Fungsinya pada Tubuh Manusia

Dilansir dari Medicine LibreTexts, koneksi protein menyatukan sel-sel jaringan epitel membetuk lapisan yang terhubung erat.

Sel-sel yang tersusun rapat membuat jaringan epitel tidak memiliki ruang antar sel.

Didukung oleh jaringan ikat

Ciri-ciri jaringan epitel adalah didukung oleh jaringan ikat. Dilansir dari Online Biology Notes, jaringan epitel berikaran dengan jaringan ikat di permukaan basal dan membentuk membran dasar.

Baca juga: Mengenal Jenis dan Fungsi Jaringan Ikat pada Tubuh Manusia

Regenerasi yang baik

Regenerasi yang baik adalah ciri-ciri jaringan epitel. Di mana sel-sel pembentuk jaringan epitel dapat mengganti sel-sel yang mati atau rusak dengan sel-sel bari secara cepat, tentunya jika mendapatkan nutrisi yang cukup.

Avaskular

Ciri-ciri jaringan epitel adalah bersifat avascular atau tidak memiliki suplai darah sendiri secara langsung. Hal tersebut karena biasanya tidak ada pembuluh darah dalam jaringan epitel.

Dilansir dari Biology Discussions, jaringan ikat di bawah jaringan epitel disuplai dengan baik oleh pembuluh darah. Nutrisi kemudian didifusikan untuk memenuhi kebutuhan sel-sel epitel.

Baca juga: Jaringan Epitelum, Ikat, Otot dan Saraf pada Vertebrata

Memiliki sel saraf

Jaringan epitel memang bersifat avaskular, tetapi tetap memiliki sistem saraf yang baik. Di mana ujung-ujung saraf dapat menembus jaringan epitel.

Sehingga, jaringan epitel dapat merasakan berbagai jenis rangsang (bertindak sebagai indra), misalnya sentuhan, tekstur, suhu, dan juga rasa sakit.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com