Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Contoh Benda Magnet dan Nonmagnetis

Kompas.com - 10/03/2023, 20:00 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: Tiara Suci Apriliani, Guru SDN Kudaile 05, Kabupaten Tegal, Provinsi Jawa Tengah

 

KOMPAS.com - Magnet merupakan benda yang memiliki kemampuan menarik benda-benda lain di sekitarnya. Magnet pertama kali ditemukan di Yunani. Magnet memiliki dua kutub, yaitu kutub utara dan kutub selatan.

Magnet memiliki bentuk yang bermacam-macam. Macam bentuk magnet di antaranya magnet jarum, batang, silinder (tabung), U, tapal kuda (ladam), dan magnet keping.

Magnet memilik kegunaan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu kegunaan magnet dalam kehidupan sehari-hari yaitu pada penggunaan kompas.

Bentuk magnet pada kompas yaitu magnet jarum. Jarum pada kompas akan menunjuk arah utara dan selatan. Hal ini berkaitan dengan kutub utara dan selatan bumi. 

Seorang penjahit yang akan mencari jarum jahitnya yang jatuh juga biasanya menggunakan ujung gunting. Hal ini disebabkan ujung gunting mempunyai kekuatan magnetik dan jarum jahit merupakan benda yang dapat ditarik magnet.

Akan tetapi, jika penjahit akan mencari kancing baju yang jatuh, ia tidak akan menggunakan ujung gunting. Mengapa? Hal ini disebabkan tidak semua benda dapat ditarik oleh magnet.

Baca juga: Apa itu Garis-garis Gaya Magnet?

Benda yang dapat ditarik oleh magnet disebut benda magnetis. Benda yang tidak dapat ditarik oleh magnet disebut benda non magnetis.

Kebanyakan benda magnetis terbuat dari logam, tetapi tidak semua logam dapat ditarik oleh magnet.

Berikut adalah penjelasan mengenai benda magnetis dan nonmagnetis:

Benda magnetis

Benda magnetis merupakan benda-benda yang terbuat dari bahan-bahan yang mengandung unsur magnet. Benda magnetis dapat berinteraksi dengan magnet.

Bahan-bahan magnetis memiliki kekuatan menempel yang berbeda-beda sehingga dapat dikelompokkan menjadi tiga.

Berikut adalah klasifikasi benda magnetis beserta contohnya:

  • Bahan feromagnetik

Bahan feromagnetik merupakan bahan yang dapat ditarik kuat oleh magnet. Bahan ini sering digunakan sebagai pasangan magnet dalam berbagai keperluan. Contoh bahan feromagnetik yaitu besi, baja, kobalt, dan nikel.

  • Bahan paramagnetik

Bahan paramagnetik merupakan bahan yang ditarik lemah oleh magnet. Bahan paramagnetik dapat ditarik oleh magnet, tetapi tarikannya tidak sekuat bahan feromagnetik. Contoh bahan paramagnetik yaitu aluminium dan platina.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com