Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Interval Murni: Pengertian, Jenisnya, dan Contohnya

Kompas.com - 16/01/2023, 16:00 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.com – Dalam seni musik, interval adalah jarak yang antar satu nada dengan nada lainnya. Salah satu jenis interval musik adalah interval murni atau interval sempurna. Apa yang dimaksud dengan interval sempurna? Berikut adalah penjelasannya!

Pengertian interval murni

Dilansir dari Campus Directory Carleton College, interval murni atau interval sempurna muncul secara alami dalam tanga nada mayor antara nada skala 1 dan nada skala 1, 4, 5, dan 8.

Sehingga, interval murni hanya memiliki satu bentuk yaitu interval mayor (besar).

Baca juga: Apa Hubungan antara Tangga dan Interval Nada?

Interval murni merupakan interval konsonan yang ketika dimainkan, kedengarnnya sempurna.

Tidak seperti interval disonan yang ketika musiknya dimainkan akan terasa tegang dan tidak sempurna, sehingga memerlukan penyelesaian.

Adapun dilansir dari Music Reading Savant, interval murni disebut sempurna karena rasio frekuennya merupakan bilangan bulat sederhana.

Jenis-jenis interval murni

Karena muncul di nada skala 1 dan nada skala 1, 4, 5, dan 8, interval murni memiliki empat jenis, yaitu interval prime (1), interval kuart (4), interval kuint (5), dan interval oktaf (8).

Baca juga: Jenis-Jenis Nama Interval Nada

Interval prime (1)

Jenis interval murni yang pertama adalah interval prime atau interval sempurna unison.

Interval prime adalah interval di mana dua not musik dengan nada yang sama dibunyikan secara serempak. Contohnya adalah nada C ke C.

Interval kuart (4)

Dilansir dari Piano Scales, interval kuart atau interval keempat yang sempurna terdiri dari dua nada dengan jarak lima langkah. Contohnya adalah nada C ke F.

Baca juga: Interval Nada Harmonis dan Melodis

Interval kuint (5)

Jenis interval murni selanjutnya adalah interval kuint atau interval kelima yang sempurna. Interval kuint adalah interval dari dua nada dengan jarak tujuh setengah langkah. Contohnya adalah nada C ke G.

Interval oktaf (8)

Jenis interval murni yang terakhir adalah interval oktaf atau interval kedelapan yang sempurna. Interval oktaf adalah interval antar dua nada yang terdiri dari 12 setengah langkah. Contohnya adalah nada C ke C.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com