Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ciri-Ciri Makhluk Hidup dan Penjelasannya

Kompas.com - 17/10/2022, 16:00 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: Yopi Nadia, SDN 106/IX Muaro Sebapo, Muaro Jambi, Provinsi Jambi 

 

KOMPAS.com - Manusia, hewan, dan tumbuhan merupakan bagian dari makhluk hidup. Ketiga makhluk hidup itu memiliki ciri-ciri dengan fungsinya masing-masing. 

Ciri-ciri makhluk hidup yaitu bergerak, makan, peka terhadap rangsangan, bernapas, tumbuh, mengeluarkan zat sisa, berkembang biak, dan beradaptasi.

Berikut penjelasannya:  

Bergerak

Semua makhluk hidup dapat bergerak, hanya saja hanya satu makhluk hidup yang tidak bisa bergerak bebas, yaitu tumbuhan. Tumbuhan bergerak sesuai arah matahari. Hal itu dilakukan karena matahari merupakan bagian dari fotosintesis.

Sedangkan manusia dan hewan dapat bergerak bebas atau berpindah tempat dengan alat gerak yang dimiliki. Alat gerak pada manusia dan hewan dapat membantu mereka dalam melakukan gerakan atau berpindah tempat.

Baca juga: Hubungan Saling Ketergantungan antar Makhluk Hidup

Makan

Makanan dan air merupakan kebutuhan utama bagi setiap makhluk hidup. Makanan itu sendiri mempunyai fungsi untuk menghasilkan energi, mengganti sel-sel yang rusak, dan diperlukan untuk melakukan pertumbuhan. Sementara, air mempunyai fungsi sebagai zat pelarut di dalam tubuh.

Semua makhluk hidup memiliki cara yang berbeda-beda dalam memperoleh makanan. Seperti tumbuhan hijau yang memperoleh makanan dengan cara fotosintesis.

Fotosintesis adalah proses tumbuhan hijau menyusun makanan dari air dan karbon dioksida dengan bantuan matahari. Zat gula dan zat tepung merupakan hasil dari fotosintesis.

Karena tumbuhan hijau dapat membuat makanan sendiri maka tumbuhan disebut dengan makhluk hidup autotrof.

Sedangkan makhluk hidup yang menggunakan bahan organik untuk memperoleh sumber makanan disebut dengan heterotrof.

Baca juga: Satuan Makhluk Hidup dalam Ekosistem

Peka terhadap rangsangan 

Setiap makhluk hidup memiliki reaksi yang berbeda-beda saat terjadi perubahan disekitarnya. Reaksi ini membuktikan bahwa makhluk hidup peka terhadap rangsangan. Rangsangan dapat berupa panas, dingin, cahaya, bau dari gas, sentuhan, gravitasi, rasa, dan lain-lain.

Indera yang ada di manusia dan hewan salah satu fungsinya adalah untuk mengenali adanya rangsangan.

Seperti rangsangan cahaya, indera yang akan bereaksi adalah mata, ketika mencium bau atau aroma maka alat indera yang bereaksi yaitu hidung, telinga akan bereaksi ketika mendengar suara getaran atau bunyi-bunyian, lidah yang akan peka terhadap rasa, dan kulit yang akan peka terhadap sentuhan.

Cara bereaksi pada tumbuhan berbeda dengan manusia dan hewan. Tumbuhan tidak memiliki alat indera yang dapat bereaksi ketika terjadi perubahan disekitarnya.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com