Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sistem Reproduksi Manusia

Kompas.com - 30/09/2022, 08:30 WIB
Silmi Nurul Utami

Editor

Oleh: Ani Rachman, Guru SDN No.111/IX Muhajirin, Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Sistem reproduksi pada manusia termasuk ke dalam kategori reproduksi seksual.

Artinya, reproduksi terjadi melalui proses bertemunya gamet jantan (sperma) dengan gamet betina (ovum) hingga membentuk individu baru yang disebut dengan fertilisasi. 

Hasil dari fertilisasi atau pembuahan adalah terbentuknya zigot. Zigot kemudian mengalami perkembangan embrio hingga dilahirkan menjadi anak.

Sistem reproduksi pada manusia terbagi menjadi sistem reproduksi pria dan sistem reproduksi wanita. Berikut penjelasannya:

Baca juga: Sistem Reproduksi Manusia

Sistem reproduksi pria

Sistem reproduksi pria terdiri dari dua bagian, yaitu bagian luar dan dalam. Setiap bagian memiliki fungsi masing-masing. Berikut adalah penjelasannya: 

Alat reproduksi pria bagian luar 

Beberapa alat reproduksi pria bagian luar terdiri dari: 

  • Penis

Penis adalah organ seks pria yang terdiri dari tiga bagian utama, yaitu pangkal (radix), batang (corpus), dan kepala (glans). Pada umumnya, organ ini akan mencapai ukuran maksimal selama masa puber.

Pada ujung kepala penis, terdapat uretra yang merupakan saluran untuk mengeluarkan urine dari tubuh. 

Saluran ini juga berfungsi untuk mengeluarkan cairan mani ketika mencapai orgasme. Pada sepanjang batang penis, terdapat jaringan yang dinamakan korpus kavernosum. Saat jaring ini dipenuhi darah, penis akan menjadi kaku dan mengalami ereksi.

Baca juga: Reproduksi: Pengertian, Tujuan, dan Jenisnya

  • Skrotum

Skrotum yaitu sebuah kantong kulit yang longgar dan menggantung di belakang penis. Di dalam skrotum, terdapat sepasang organ sekaligus kelenjar yang disebut testis.

Selain melindungi testis, skrotum juga mendukung fungsi testis dalam memproduksi sperma. Otot-otot khusus pada dinding skrotum memungkinkan testis untuk menjaga suhu optimal bagi produksi sperma.

  • Testis

Testis adalah organ berbentuk oval di dalam kantong sebelah kanan dan kiri bagian belakang penis. Fungsinya untuk memproduksi dan menyimpan sperma.

Organ yang biasa disebut buah zakar ini juga berperan dalam produksi hormon testosteron. 

Baca juga: Golongan Darah Anak dari Persilangan Wanita A dan Pria B Heterozigot

Fungsi testosteron, yaitu menghasilkan sperma dan memberi perubahan pada tubuh selama pubertas. Biasanya, testis pria akan mulai tumbuh sekitar usia 10 hingga 13 tahun.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com