Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Tari Indang dari Sumatera Barat

Kompas.com - 25/08/2022, 20:00 WIB
Silmi Nurul Utami

Editor

Oleh: Ani Rachman,S.Pd Guru SDN No.111/IX Muhajirin, Muaro Jambi, Provinsi Jambi

KOMPAS.com - Tari Indang atau yang lebih dikenal dengan Tari Dindin Badindin ini merupakan salah satu tari tradisional yang berasal dari Pariaman, Provinsi Sumatera Barat.

Tari Indang adalah sebuah tarian tradisional yang populer dan tersohor di Indonesia. Indang sendiri berarti gendang kecil.

Tarian ini mirip dengan Tari Saman yang berasal dari Aceh namun memiliki gerakan yang lebih santai. 

Tari Indang didominasi oleh gerakan yang lincah, dinamis dan bervariasi. Salah satu gerakan yang menjadi ciri khasnya adalah tepukan tangan dan jentik-kan jari.

Tarian Indang merupakan kombinasi antara kebudayaan Minangkabau dan Islam. Untuk lebih memahami Tari Indang, simaklah penjelasan berikut ini!

Baca juga: Mengenal Tari Indang, Sumatera Barat

Sejarah dan asal-usul Tari Indang

Tari Indang di populerkan oleh Syekh Buharuddin pada abad ke-13 di Sumatera Barat yang merupakan jalur perdagangan antara pedagang arab dan pesisir Tanah Minangkabau.

Pada awalnya, Tari Indang difungsikan sebagai media dakwah penyebaran Islam. Namun, seiring waktu berjalan, tarian ini beralih fungsi menjadi hiburan.

Dalam masyarakat Pariaman tari ini sering sekali di pertunjukan saat upacara Tabuik. Namun, kini tarian ini pun sudah sering dipentaskan pada berbagai acara lain misalnya acara penyambutan tamu agung, pengangkatan penghulu desa atau acara festival budaya.

Baca juga: 10 Definisi Seni Tari Menurut Para Ahli

Ciri khusus Tari Indang

Tari Indang memiliki ciri-ciri khusus sebagai berikut:

  • Pakaian

Busana yang dikenakan para penari adalah pakaian adat Minangkabau atau bisa juga memakai pakaian Adat Melayu.

Biasanya terdiri dari hiasan kepala, baju yang sedikit longgar, celana longgar hitam dan di balut dengan sarung khas Minangkabau.

  • Properti

Rebana (Gendang Kecil). Namun, kini properti ini sudah jarang digunakan dan diganti dengan tepukan tangan ke badan ataupun ke lantai.

Baca juga: 10 Alat yang Dapat Digunakan sebagai Properti Gerak Tari

  • Alat musik

Gendang Rapa'i atau rebana indang yang berfungsi sebagai pengatur tempo dan memeriahkan suasana penampilan. Penari juga diiringi oleh lagu khas Minangkabau yang berjudul Dindin Badindin

  • Gerakan Tari Indang

Adapun, gerakan tari Indang dilakukan oleh dua kelompok yang menari dengan menggerakkan tangan, menepuk, dan juga menjentikkan jari tangan dengan pola lantai.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com