Kompas.com - 19/08/2022, 09:00 WIB

KOMPAS.com - Sosiologi mengkaji soal individu dan masyarakat dalam kelompok sosial. Oleh sebab itu, dibutuhkan teori untuk mempelajarinya.

Doyle Paul Johnson membagi teori sosiologi menjadi dua kelompok besar, yakni sosiologi makro dan sosiologi mikro.

Kajian sosiologi makro berfokus pada sistem sosial berskala besar. Sementara sosiologi mikro fokus utamanya terletak pada interaksi sesama individu.

Pengertian teori sosiologi mikro

Dikutip dari buku Pengantar Sosiologi Sejarah, Teori, Paradigma, dan Metodologinya (2021) karya Abd. Hannan, berikut pengertian sosiologi mikro menurut Randall Collins:

"Teori sosiologi mikro adalah teori yang ditujukan untuk menganalisis fenomena sosial di tingkat individu, seperti perilaku dan tindakan sosialnya."

Sementara, Gerhard Lenski mengartikan sosiologi mikro sebagai berikut:

"Teori sosiologi mikro adalah teori yang mempelajari dampak sistem sosial dan kelompok primer terhadap individu, beserta segala tindakan, sikap, dan perilaku sosial dirinya."

 

Ada dua hal penting dalam teori ini, yaitu individu dan tindakan sosial. Kajian sosiologi mikro berangkat dari asumsi dasar bahwa manusia adalah pribadi yang aktif.

Dengan kemampuan yang dimilikinya, manusia senantiasa memosisikan dirinya sebagai aktor yang selalu bertindak.

Dilansir dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), teori sosiologi mikro diarahkan untuk analisis detail soal apa yang dilakukan, dikatakan, dan dipikirkan manusia.

Kesimpulannya, teori sosiologi mikro adalah teori yang mengkaji tindakan dan fenomena sosial dalam skala individu atau kelompok kecil.

Contoh teori sosiologi mikro

Contoh teori sosiologi mikro adalah teori tentang interaksi diri dan pikiran, definisi situasi, konstruksi sosial terhadap realitas, peran sosial, strukturalisme, serta pertukaran sosial.

Contoh kajian dalam teori sosiologi mikro adalah:

  1. Interaksi antara orangtua yang baru saja menikah dan sudah punya anak
  2. Hubungan sosial di antara guru dan muridnya
  3. Interaksi antaranggota kelompok basket sekolah
  4. Hubungan sosial di antara orangtua dan anaknya.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Kemdikbud

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.