Kompas.com - 18/05/2022, 10:01 WIB

KOMPAS.com – Air adalah unsur yang penting bagi kehidupan. Air digunakan setiap hari sejak kehidupan di bumi dimulai. Kita telah diajarkan untuk menghemat dan menggunakan air secara bijak. Mengapa kita harus menggunakan air bersih secara bijak?

Terbatasnya air bersih

Kita harus menggunakan air bersih secara bijak karena jumlah air bersih terbatas. Sekitar 70 persen permukaan bumi ditutupi oleh air. Namun, sebagian besar adalah air laut dan hanya 2,5 persen yang merupakan air tawar atau air bersih.

Dilansir dari National Geographic, hanya sekitar satu persen air tawar yang mudah diakses karena sisanya terperangkap dalam gletser dan ladang salju.

Artinya, kita hanya memiliki sekitar 0,007 persen air bersih dari total air di bumi.

Baca juga: Upaya yang Bisa Dilakukan Untuk Menjaga Ketersediaan Air Bersih

Air bersih tersebut harus dibagi pada 7,8 miliar manusia, lebih dari 300 ribu spesies tumbuhan, 8,7 miliar hewan, belum lagi untuk keperluan industri dan energi.

Sehingga, kita harus menggunakan air bersih secara bijak agar semua kebutuhan makhluk hidup dan kegiatan manusia terpenuhi dan terhindarkan dari kekurangan air dan kekeringan. 

Diperlukan semua makhluk hidup

Kita harus menghemat air bersih, karena air diperlukan oleh semua makhluk hidup. Dilansir dari Sciencing, air adalah pelarut universal yang dapat membawa semua zat dalam tubuh makhluk hidup.

Misalnya, nutrisi, ion, limbah, dan zat lainnya yang diperlukan untuk mempertahankan fungsi biologis dan fisiologis tubuh.

Baca juga: Alasan Air Penting bagi Kehidupan Manusia dan Lingkungan

Hal tersebut dmembuat air diperlukan oleh manusia, hewan, tumbuhan, dan makhluk hidup lainnya. Sehingga, kita harus menggunakan air dengan bijak agar makhluk hidup lain juga dapat memenuhi kebutuhan airnya.

Kita tidak bisa kekurangan air

Alasan mengapa kita harus menggunakan air bersih secara bijak adalah kita tidak bisa kekurangan air.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.