Apa yang Terjadi Jika Tidak Menghemat Air dan Listrik?

Kompas.com - 29/07/2020, 06:15 WIB
Tangkapan layar Youtube/Mikael SamosirTangkapan layar

KOMPAS.com - Program Belajar dari Rumah TVRI pada Rab u, 29 Juli 2020 membahas Kekayaan Alam untuk siswa SD Kelas 4-6.

Dalam tayangan tersebut, terdapat tiga pertanyaan. Berikut soal pertama dan jawabannya:

Soal: Kehidupan manusia tidak dapat dipisahkan dari lingkungan alam dan lingkungan sosial, maka dari itu kita harus bijak dalam memanfaatkan sumber daya alam. Menurutmu, apa yang akan terjadi jika kita tidak mau menghemat penggunaan air dan listrik?

Jawaban:

Sebagai manusia, kita harus hemat dalam memnggunakan air dan listrik. Jika kita tidak mau berhemat maka pasokan air dan listrik akan cepat habis. Sehingga generasi masa depan tidak dapat menikmati air dan listrik dengan baik.

Pemakaian air dan listrik yang berlebihan, bisa mengurangi jumlah air bersih dan mengancam kehidupan makhluk hidup. Tidak hanya manusia, tetapi juga hewan dan tumbuhan yang ada di Bumi.

Dengan menggunakan air yang secara bijaksana, kita tetap bisa menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Air sampai generasi masa depan.

Sementara itu, saat ini pembangkit listrik kebanyakan masih menggunakan batu bara. Kita harus berhemat, agar batu bara tidak cepat habis dan listrik akan terus menyala.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X