Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan Komunikasi Sinkron dan Asinkron dalam Komunikasi Daring

Kompas.com - 28/03/2022, 07:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Komunikasi daring adalah proses penyampaian dan penerimaan pesan menggunakan bantuan internet.

Untuk bisa berkomunikasi secara daring atau online, pengirim maupun penerima pesan harus menggunakan perangkat teknologi yang terhubung internet, seperti handphone dan laptop.

Ada dua jenis komunikasi daring, yakni komunikasi sinkron dan asinkron.

Pengertian komunikasi sinkron dan asinkron

Menurut Yohanssen Pratama dalam buku Sistem Terdistribusi (2021), komunikasi sinkron adalah pertukaran interaktif 'hidup' antara sejumlah orang.

Artinya jenis komunikasi daring ini terjadi secara real time atau nyata di antara berbagai pihak. Sifat komunikasi sinkron memerlukan tanggapan segera dari pengirim atau penerima pesan.

Contoh komunikasi sinkron adalah ketika seseorang menghadiri panggilan konferensi video sebagai pembicara, di mana hal ini membutuhkan respons langsung dari orang tersebut.

Dikutip dari buku E-Learning: Implementasi, Strategi, dan Inovasinya (2019) karya Lidia Simanihuruk, dkk, komunikasi asinkron adalah komunikasi yang dilakukan secara tertunda atau tidak langsung.

Baca juga: Komunikasi Daring: Pengertian dan Jenisnya

Jenis komunikasi daring ini tidak perlu dilaksanakan secara real time antara kedua belah pihak. Sehingga penerima tidak harus menanggapi pesan yang diterimanya di waktu yang bersamaan.

Contoh komunikasi asinkron adalah saat sepasang sahabat saling berkirim pesan melalui WhatsApp, di mana salah satunya tidak diharuskan untuk membalas pesan tersebut sesegera mungkin.

Perbedaan komunikasi sinkron dan asinkron

Salah satu perbedaan komunikasi sinkron dan asinkron terletak pada pelaksanaannya.

Komunikasi sinkron dilaksanakan secara bersamaan dan dalam waktu yang sebenarnya (real time). Sedangkan komunikasi asinkron dilakukan secara tertunda atau tidak bersamaan.

Dalam komunikasi sinkron, peserta komunikasinya terhubung secara langsung di waktu yang sama. Sementara peserta dalam komunikasi asinkron terhubung tetapi tidak di waktu yang bersamaan.

Perbedaan lain komunikasi sinkron dan asinkron adalah respons atau tanggapan ketika mengirimkan pesan.

Dalam komunikasi sinkron, pengirim maupun penerima bisa merespons langsung isi pesan yang diterimanya. Sedangkan komunikasi asinkron, bisa membutuhkan beberapa hari untuk mendapat respons atas isi pesannya.

Baca juga: Chatting: Definisi, Fungsi, Manfaat, dan Contohnya

Jadi, apa perbedaan utama antara komunikasi sinkron dengan komunikasi asinkron?

Perbedaan utama antara komunikasi sinkron dengan komunikasi asinkron terletak pada pelaksanaan serta respons atau tanggapan ketika mengirimkan pesannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com