Kompas.com - 15/03/2022, 09:00 WIB

KOMPAS.com - Kalimat saran sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, khususnya ketika ingin memberi saran atau masukan kepada orang lain.

Tujuan utama kalimat saran adalah mengubah atau memberi saran mengenai suatu hal. Oleh sebab itu, penggunaan dan pemilihan kalimat saran cenderung halus.

Saran tidak bersifat memaksa atau harus dilakukan. Karena pada akhirnya, sang penerima saran yang akan memutuskan apakah akan menggunakan atau melakukan saran tersebut atau tidak.

Pengertian kalimat saran

Dikutip dari jurnal Analisis Penggunaan Kalimat Efektif pada Penulisan Kritik dan Saran Mahasiswa FKIP UNA (2019) karya Eva Mizkat, kalimat saran adalah kalimat yang berisikan harapan atau himbauan kepada sesuatu atau seseorang.

Ciri kalimat saran adalah:

  • Biasanya menggunakan kata penanda. Misal: sebaiknya, seharusnya, alangkah baiknya, lebih baik jika, perlu diingat bahwa, dan sebagainya.
  • Ketika diucapkan, intonasi nada kalimat saran cenderung menurun atau rendah di akhir kata.

Dilansir dari jurnal Tindak Tutur Direktif dalam Family Development Session (FDS) (2018) oleh Muhammad Nur Kholis Mughofar, dkk, kalimat saran bermaksud untuk menyarankan orang lain untuk melakukan suatu hal.

Baca juga: Contoh-Contoh Kalimat Opini dan Fakta

Contoh kalimat saran

Perlu diperhatikan bahwa ciri utama kalimat saran adalah menggunakan kata penanda, seperti sebaiknya, seharusnya, dan lain-lain.

Buatlah 5 contoh kalimat saran!

  • Sebaiknya kamu tetap berada di rumah dan tidak bepergian, karena kamu sedang sakit. 
  • Menurut saya, seharusnya kamu meminta maaf kepadanya.
  • Alangkah baiknya jika kalian semua saling mengenal satu sama lain.
  • Perlu diketahui bahwa tugas Matematika yang kamu kerjakan kemarin masih salah, jadi coba kerjakan kembali ya.
  • Sekarang sudah malam, lebih baik kita lanjutkan besok saja diskusinya.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.