Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan Kalimat Efektif dan Tidak Efektif

Kompas.com - 23/06/2021, 13:30 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri ,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tanpa disadari dalam kehidupan sehari-hari, kita sering menemui atau menggunakan kalimat efektif dan tidak efektif. Dua jenis kalimat ini memiliki perbedaan yang terletak pada penyampaian informasi serta tata bahasanya.

Apa sajakah perbedaan kalimat efektif dengan tidak efektif?

Kalimat efektif

Menurut Tutik Wahyuni dalam buku Sintaksis Bahasa Indonesia Pendekatan Kontekstual (2020), kalimat efektif merupakan susunan kalimat yang bisa mengungkapkan gagasan, pikiran serta perasaan yang tepat, ditinjau dari struktur, diksi dan logikanya.

Salah satu ciri kalimat efektif adalah adanya ketegasan makna. Ketegasan makna, dapat dilakukan dengan meletakkan bagian yang dipentingkan di bagian awal kalimat.

Baca juga: Contoh Kalimat Berpelengkap

Pembuatan kalimat efektif selalu mengikuti kaidah struktur kalimat, tidak berbelit dan mudah dipahami maknanya. Selain itu, kalimat efektif juga cenderung singkat karena hemat dalam memakai kata-kata.

Kalimat tidak efektif

Kalimat tidak efektif adalah susunan kalimat yang penggunannya terlalu berlebihan. Kalimat tidak efektif selalu berbelit-belit dalam penyampaian pesannya. Dalam susunan kalimat tidak efektif, sering ditemui penggunaan ejaan dan struktur bahasa yang salah.

Inti atau makna dari kalimat tidak efektif sebenarnya bisa langsung disampaikan, hanya saja karena penyusunannya tidak sesuai struktur kalimat, jadi susah menemukan maknanya. Kalimat tidak efektif akan membuat pembaca bingung dan tidak mengerti isinya.

Perbedaan kalimat efektif dan kalimat tidak efektif

Apabila dilihat dari definisi di atas, bisa diketahui jika perbedaan utama dari kalimat efektif dan tidak efektif, terlihat dari bentuk kalimatnya.

Kalimat efektif memiliki bentuk kalimat yang lebih padat dan singkat. Sedangkan kalimat tidak efektif lebih berbelit dan cenderung panjang (karena tidak efektif).

Baca juga: Kalimat Interogatif: Pengertian, Ciri-ciri, dan Contohnya

Selain perbedaan di atas, kalimat efektif dan tidak efektif masih memiliki sejumlah perbedaan lainnya. Berikut penjelasannya yang mengutip dari buku Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi Berbasis Pembelajaran Aktif (2017) karangan Aninditya Sri Nugraheni:

Pembeda Kalimat efektif Kalimat tidak efektif
Bentuk kalimat Padat dan singkat Berbelit-belit
Pemahaman pembacanya Lebih mudah dipahami Sulit dipahami dan membuat bingung
Kelengkapan unsur  kalimat Memiliki unsur lengkap dan eksplisit (minimal ada subjek dan predikat) Unsur tidak lengkap karena hilangnya subjek atau predikat
Sifatnya Harus bersifat logis dan bisa diterima dengan akal sehat Bermakna tidak logis
Susunan kalimatnya Lebih jelas dan ringkas kalimatnya Susunan kalimatnya rancu karena tidak sesuai dengan struktur Bahasa Indonesia
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com