Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teras Berita (Lead): Pengertian dan Fungsinya

Kompas.com - 22/01/2022, 11:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.comTeras berita sering disebut lead. Dalam pemberitaan, teras berita berfungsi membangkitkan perhatian dan minat pembaca terhadap permasalahan yang dilaporkan, serta mempermudah pembaca dalam menangkap makna dan isi berita.

Lead berita merupakan bagian yang sangat penting. Karena lead memuat rangkuman atau inti dari keseluruhan isi berita.

Pengertian teras berita (lead)

Syaiful Halim dalam buku Reportase dan Produksi Berita Televisi (2012) menuliskan bahwa teras berita adalah paragraf yang berisikan fakta terpenting dari tubuh berita.

Teras berita terletak di bagian awal atau paragraf pertama di bawah judul berita. Tiap lead hendaknya ditulis untuk menarik pembaca agar mau melihat lebih lanjut isi pemberitaan. Sebab itu, teras berita harus ditulis menarik dan menggunakan kalimat pendek.

Menurut Hikmat Kusumaningrat dan Purnama Kusumaningrat dalam buku Jurnalistik Teori dan Praktik (2017), teras berita juga bisa diartikan sebagai kalimat pembuka yang memuat ringkasan berita.

Lead yang berisikan ringkasan mempermudah pembacaan berita, memuaskan rasa ingin tahu pembaca dengan segera, serta memudahkan redaktur dalam membuat judul berita.

Baca juga: Nilai Berita: Pengertian dan Kriterianya

Fungsi teras berita (lead)

Mitchell V. Charnley menyatakan bahwa teras berita yang baik dan efektif, hendaknya menampilkan pernyataan singkat dan tajam mengenai temuan fakta hakiki yang merupakan titik sentral dan kesatuan kisah, serta membatasi diri pada satu ide sentral.

Dikutip dari buku Panduan Menjadi Jurnalis Hebat (2020) oleh Info Gading, ada empat fungsi teras berita (lead), yaitu:

Atraktif

Artinya teras berita harus mampu membangkitkan perhatian serta minat khalayak terhadap permasalahan dan pokok peristiwa yang dibahas.

Introduktif

Fungsi teras berita adalah mengantarkan pokok permasalahan yang ditulis dengan tegas dan jelas, agar pembaca bisa mengenali dan merumuskan persoalannya.

Korektif

Kalimat dan paragraf pertama yang ditulis dalam teras berita hendaknya dapat memunculkan kalimat dan paragraf selanjutnya.

Kredibilitas

Fungsi teras berita ini artinya kredibilitas wartawan atau jurnalis bisa terlihat dari bagaimana caranya membentuk atau menulis teras berita.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com