Kompas.com - 23/11/2021, 15:00 WIB
Ribuan calon TKI yang mendaftar ke Korea Selatan menjalani seleksi di aula FBS Unnes, Selasa (3/3/2020). KOMPAS.com/RISKA FARASONALIARibuan calon TKI yang mendaftar ke Korea Selatan menjalani seleksi di aula FBS Unnes, Selasa (3/3/2020).

KOMPAS.com - Sebelum bekerja di luar negeri, para TKI harus mempersiapkan diri dan melakukan beberapa hal, seperti mengurus dokumen dan mengikuti pelatihan.

Menurut Pasal 1 ayat (1) UU Nomor 39 Tahun 2004 tentang Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia di Luar Negeri, Tenaga Kerja Indonesia (TKI) adalah tiap warga negara Indonesia yang memenuhi syarat untuk bekerja di luar negeri dalam hubungan kerja untuk jangka waktu tertentu dengan menerima upah.

Dikutip dari buku Panduan dan Percakapan untuk Tenaga Kerja Indonesia (2005) karya Thoifuri, sebelum resmi menjadi TKI, warga negara Indonesia harus mendaftar dan memenuhi syarat, seperti dokumen, minimal umur, surat keterangan sehat, dan lainnya.

Setelah mendaftar, para TKI akan diseleksi dan menandatangani sejumlah dokumen penting, seperti perjanjian penempatan kerja. Berikutnya, para TKI diwajibkan untuk mengikuti pelatihan kerja dan bahasa.

Baca juga: Upaya Pemerintah Indonesia dalam Meningkatkan Kualitas Tenaga Kerja

Persiapan TKI sebelum bekerja di luar negeri

Apakah yang dilakukan para TKI sebelum mereka bekerja di luar negeri? Berikut ini beberapa hal yang dilakukan para TKI sebelum bekerja di luar negeri:

Mengikuti pelatihan keterampilan dan bahasa

Keterampilan dan bahasa sangat penting untuk dikuasai oleh para TKI. Keterampilan akan mendukung kualitas kerja, sedangkan bahasa membantu TKI berkomunikasi. Sebelum bekerja di luar negeri, biasanya para TKI diwajibkan mengikuti pelatihan tersebut.

Mengurus dokumen

Sebelum bekerja di luar negeri, para TKI harus mengurus dokumen penting seperti, paspor dan visa.

Paspor merupakan dokumen yang digunakan untuk bepergian masuk dan keluar dari satu negara. Sementara, visa adalah dokumen yang dikeluarkan oleh negara tujuan yang akan didatangi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.