Kompas.com - 23/11/2021, 08:16 WIB
Ilustrasi administrasi freepik.com/storiesIlustrasi administrasi

KOMPAS.comAdministrasi merupakan suatu ilmu yang diterapkan pada suatu organisasi baik pemerintahan maupun perusahaan.

Apakah itu ilmu administrasi dan inti dari administrasi? Untuk mengetahuinya, simaklah pejelasan berikut ini!

Pengertian ilmu administrasi

Gladys O. Dimock dan Louis W. Koenig dalam buku Public Administration (2008) menyebutkan bahwa inti administrasi adalah manajemen.

Adapun inti dari manajemen merupakan kepemimpinan. Inti kepemimpinan yaitu pengambilan keputusaan. Sedangkan inti pengambilan keputusan adalah hubungan antarmanusia.

Sehingga inti administrasi adalah manajemen karena administrasi bertujuan untuk mengatur penyelenggaraan suatu kegiatan secara keseluruhan.

Baca juga: Benarkah Asal Kata Administrasi dari Bahasa Latin?

Untuk lebih mengetahui tentang administrasi, berikut adalah pengertian administrasi menurut para ahli: 

Leonard D. White

Leonard D. White dalam buku The Study of Public Administration (1926) menyebutkan bahwa administrasi adalah suatu proses yang terdapat pada suamua usaha kelompok, negara, swasta, sipil, militer, usaha besar dan kecil, dan sebagainya.

John M. Pfiffner dan R. V. Presthus

Menurut John M. Pfiffner dan R. V. Presthus dalam buku Public Administration (1953), administrasi adalah pengkoordinasian dan pengarahan sumber daya manusia dan material untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

William H. Newman

Menurut William H. Newman dalam buku Administrative Action (1963), administrasi adalah bimbingan, kepemimpinan, dan pengendalian atau pengawasan dari sekelompok manusia untuk mencapai tujuan bersama.

Christopher Hodgkinston

Christopher Hodgkinston dalam buku Towards a Philosophy of Administration (1978) menyebutkan bahwa administrasi adalah aspek-aspek yang berkaitan dengan tujuan, masalah terkait nilai, dan juga manusia dalam suatu organisasi.

Baca juga: Administrasi: Pengertian, Tujuan, Ciri-Ciri, Fungsi, dan Jenisnya

Sehingga dapat disimpulkan bahwa administrasi adalah kegiatan mengatur jalannya suatu kelompok manusia untuk mencapai tujuan tertentu.

Manajemen disebut inti dari administrasi, karena administrasi memanajemen semua aspek dalam kelompok untuk mencapai tujuan.

Manajemen sebagai inti administrasi melakukan perencanaan, pelaksanaan organisasi, dan juga pengawasan jalannya organisasi agar tidak menyimpang dati tujuan organisasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.