Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Contoh Bentuk Kemiskinan Relatif, Absolut, Struktural, dan Kultural

Kompas.com - 16/11/2021, 14:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri ,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kemiskinan bisa dibagi menjadi empat jenis, yakni kemiskinan relatif, absolut, struktural, dan kultural. Empat jenis kemiskinan ini dipengaruhi oleh beberapa faktor yang berbeda.

Pengertian dan contoh kemiskinan relatif

Berikut penjelasan kemiskinan relatif, yaitu: 

Pengertian kemiskinan relatif

Menurut Suprihatin Guhardja dalam buku Pengembangan Sumber Daya Keluarga: Bahan Pengajaran (1993), kemiskinan relatif adalah bentuk kemiskinan yang disebabkan oleh keadaan lingkungan tempat keluarga tersebut tinggal.

Kemiskinan relatif juga bisa diartikan sebagai kemiskinan yang didasarkan pada perbandingan kondisi di suatu tempat dan tempat lainnya.

Contoh kemiskinan relatif

Yang termasuk bentuk kemiskinan relatif yaitu perbedaan keahlian yang dimiliki orang. Contohnya seseorang bekerja di bidang desain, namun orang tersebut ternyata tidak punya cukup keahlian di bidang desain.

Contoh lain kemiskinan relatif ialah perbedaan pendapatan tergantung kondisi wilayah atau negaranya. Misalnya pendapatan orang Jakarta dibandingkan dengan penghasilan orang Yogyakarta.

Baca juga: Kemiskinan: Definisi, Jenis, dan Faktor Penyebabnya

Pengertian dan contoh kemiskinan absolut

Kemiskinan absolut dapat diartikan sebagai berikut: 

Pengertian kemiskinan absolut

Kemiskinan absolut adalah bentuk kemiskinan yang diukur dengan membandingkan tingkat pendapatan orang dengan tingkat pendapatan yang diperlukan untuk mendapatkan kebutuhan dasar.

Seseorang akan dikatakan mengalami kemiskinan absolut apabila penghasilannya kurang atau tidak mencapai pendapatan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Contoh kemiskinan absolut

Contohnya seseorang berpenghasilan di bawah UMR tinggal dan menetap di Jakarta. Orang tersebut tidak akan bisa memenuhi kebutuhan hidupnya, karena pendapatannya tidak mencukupi.

Contoh lainnya orang yang punya penghasilan cukup, tetapi tidak bisa memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, akan tetap disebut mengalami kemiskinan absolut.

Baca juga: Tipe-tipe Lembaga Sosial Berdasarkan Perkembangannya

Pengertian dan contoh kemiskinan struktural

Penjelasan dan contoh kemiskinan struktural adalah: 

Pengertian kemiskinan struktural

Dikutip dari jurnal Kemiskinan Struktural Informasi (2010) karya Tuti Widiastuti, kemiskinan struktural adalah kemiskinan yang dialami oleh kelompok masyarakat karena struktur sosial masyarakat tersebut tidak bisa menggunakan sumber pendapatannya.

Kata lainnya, bentuk kemiskinan ini akan selalu terjadi karena kelompok atau individu tersebut terus berada di kondisi yang sama.

Contoh kemiskinan struktural

Contohnya orang yang tinggal di kampung miskin dengan pendidikan rendah akan kesulitan untuk keluar dari wilayah tersebut. Contoh lainnya seseorang yang tinggal di kampung miskin dengan penghasilan rendah akan kesulitan pula untuk keluar dari wilayah itu.

Pengertian dan contoh kemiskinan kultural

Pengertian kemiskinan kultural beserta contohnya, yaitu: 

Pengertian kemiskinan kultural

Melansir dari buku Globalisasi Sumberdaya Alam, Lingkungan dan Kemiskinan (2020) karya Dahliah, kemiskinan kultural adalah kemiskinan yang disebabkan oleh tingkat pendidikan, kesetiaan, ketaatan, pengetahuan, adat budaya, serta kepercayaan yang melekat pada diri seseorang hingga menjadi gaya hidup.

Kemiskinan kultural juga dapat diartikan sebagai kemiskinan mental atau budaya, karena disebabkan oleh pengaruh padangan atau kebudayaan yang dianutnya.

Baca juga: 3 Contoh Pengaruh Interaksi Sosial terhadap Pembentukan Lembaga Sosial

Contoh kemiskinan kultural

Contohnya orang yang tidak mau berusaha mendapatkan penghasilan dan kehidupan yang layak. Contoh lainnya orang yang mudah menerima kondisi dan putus asa untuk mencari kehidupan yang jauh lebih baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com