Kompas.com - 24/08/2021, 14:03 WIB
Ilustrasi program pemerintah bidang transportasi KOMPAS.com/Gischa PrameswariIlustrasi program pemerintah bidang transportasi
Daftar Isi
Buka

    KOMPAS.com - Transportasi menjadi kebutuhan setiap manusia dalam menjalankan aktivitas serta membantu melakukan hal lainnya. Dalam bidang transportasi, pemerintah memiliki sejumlah program penting yang ditujukan untuk kepentingan umum.

    Menurut Siti Fatimah dalam buku Pengantar Transportasi (2019), trasportasi adalah sarana yang berperan untuk keberlangsungan interaksi antar manusia serta memudahkan manusia berpindah tempat atau memindahkan barang.

    Dalam kehidupan masyarakat, khususnya ekonomi, transportasi berperan sangat penting. Karena dapat mendorong kegiatan perekonomian di suatu daerah ataupun negara. Maka dari itu, pemerintah telah membuat serangkaian program penting di bidang transportasi.

    Program penting ini dijalankan untuk kepentingan serta kebutuhan seluruh masyarakat. Harapannya dapat membantu serta mempermudah masyarakat dalam beraktivitas. Selain itu, adanya program ini juga diharapkan dapat meningkatkan kegiatan ekonomi.

    Dilansir dari situs Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat, tujuan program pemerintah di bidang transportasi untuk menunjang pertumbuhan ekonomi dan memberi pelayanan jasa yang dibutuhkan masyarakat.

    Baca juga: Struktur Pemerintah Daerah

    Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
    Daftarkan email

    Artinya transportasi dapat dimanfaatkan untuk kegiatan ekonomi. Contohnya jalan raya dan jalan tol yang digunakan secara berbayar dalam membantu penyaluran kebutuhan sehari-hari.

    Sedangkan untuk pelayanan jasa, contohnya tranportasi umum, seperti kereta dan pesawat yang dapat digunakan masyarakat.

    Ada banyak program pemerintah di bidang transportasi. Namun, secara umum program ini dapat dijabarkan menjadi tiga program penting, yaitu:

    1. Pengadaan transportasi umum
      Transportasi umum membantu masyarakat untuk bepergian atau berpindah tempat, tanpa harus menggunakan kendaraan pribadi. Selain mengurangi macet, transportasi umum juga menjadi bukti adanya kesamaan hak bagi seluruh masyarakat. Karena tanpa terkecuali, seluruh warga dapat menggunakannya.
    2. Pembangunan sarana dan prasarana
      Sarana dan prasarana di bidang transportasi tentunya sangat dibutuhkan masyarakat. Contohnya jalan raya, rambu lalu lintas, jalan tol, rel kereta api, pembangunan bandara, stasiun, serta terminal, dan masih banyak lagi.
    3. Pemeliharaan transportasi
      Pemerintah juga mempunyai program penting lainnya, yakni pemeliharaan atau perawatan sarana dan prasarana, serta transportasi umum. Tujuannya agar tidak menghambat jalur transportasi serta menjamin keselamatan penggunanya. Contoh jalan yang rusak diaspal kembali, pemeliharaan berkala bus umum, dan lain sebagainya.

    Pemerintah sudah mempunyai banyak program penting di bidang transportasi yang ditujukan kepada masyarakat.

    Baca juga: 5 Kebijakan Pemerintah dalam Pembangunan Berbasis Kelautan

    Kita sebagai warga negara yang baik hendaknya selalu merawat sarana dan prasarana, serta transportasi umum. Contohnya tidak merusak fasilitas dan menjaga kebersihan di area bandara, stasiun, atau terminal.

    Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


    Rekomendasi untuk anda
    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.