Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mencegah Besi Berkarat

Kompas.com - 26/04/2021, 10:00 WIB
Silmi Nurul Utami,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Benda dari besi setelah berumur lama biasanya akan berubah menjadi karat berwarna merah kecoklatan, keropos, rapuh, dan terus melebar disepanjang penampang besi.

Hal tersebut dinamakan korosi. Korosi adalah proses membusuknya logam dikarenakan reaksi redoks (eduksi dan oksidasi) yang terjadi antara logam dengan air, gas, maupun cairan kimia yang korosif.

Karat hasil korosi besi sangatlah merugikan karena dapat merusak benda tersebut. Pada benda yang lebih besar seperti rel kereta api dan jembatan, karat bisa mengakibatkan kerusakan parah dan memicu kecelakaan.

Berikut beberapa cara mencegah korosi:

  • Pengecatan

Pengecatan adalah cara paling mudah untuk menghindari korosi. Pengecatan berfungsi untuk menghindari goresan pada besi yang mengakibatkan reaksi spontan redoks penghasil karat.

Namun pengecatan hanya melindungi karat pada goresan ringan, pada goresan yang lebih berat, besi akan tergores dan tetap berkarat.

Baca juga: Daftar Rumus Kimia Asam

  • Perlindungan profilaksis 

Dilansir dari Chemistry LibreTexts, perlindungan profilaksis mencegah korosi dengan melapisi besi dengan logam lain yang lebih sulit teroksidasi.

Misalnya dengan melapisi besi dengan kromium, timah, timbal, dan nikel dengan metode elektrolisis sehingga perlindungan profilaksis sering disebut sebagai electroplating.

Baca juga: Pengertian dan Proses Terjadinya Korosi

  • Perlindungan katodik

Perlindungan katodik adalah perlindungan anti karat untuk besi dengan cara mengorbankan logam yang lebih mudah teroksidasi. Perlindungan katodik dilakukan dengan cara melapisi besi dengan logam yang mudah teroksidasi seperti seng (Zn).

Lapisan seng atau zink yang melapisi besi disebut lapisan galvanis. Lapisan galvanislah yang akan teroksidasi membuat besi tidak akan berkarat.

  • Pengorbanan anoda

Pengorbanan elektroda pada pipa besi bawah tanahchem.libretexts.org Pengorbanan elektroda pada pipa besi bawah tanah

Dilansir dari Lumen Learning, metode pengorbanan anoda mirip dengan perlindungan katodik yaitu mengorbankan logam yang lebih mudah teroksidasi dibandingkan dengan besi.

Misalnya menggunakan magnesium untuk melindungi besi, magnesium akan berkarat lalu besi tetap kokoh. Magnesium yang telah berkarat kemudian akan diperbaharui agar besi tetap terlindungi. Mengganti anoda magnesium jauh lebih murah jika dibandingkan dengan mengganti besi.

Baca juga: Pengertian dan Proses Terjadinya Korosi

  • Memberi minyak 

Besi tidak akan mengalami korosi jika reaksi reduksi dan oksidasi (redoks) tidak terjadi. Agar redoks tidak terjadi, besi tidak boleh bersentuhan dengan oksigen di udara. Sehingga memberikan minyak atau oli adalah hal paling sederhana untuk mengisolasi besi dari udara.

  • Campuran logam tahan karat

Selain dengan melapisi besi dengan logam tahan karat, pencampuran besi dengan logam tahan karat juga dapat mencegah terjadinya korosi. Contohnya adalah campuran besi dengan nikel dank rom yang menghasilkan baja tahan karat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com