Kompas.com - 24/04/2021, 15:02 WIB
Burung gagak. SHUTTERSTOCKBurung gagak.

KOMPAS.com - Burung gagak dengan warnanya yang hitam mengilap sering kali dinilai menyeramkan karena dianggap sebagai pertanda kematian.

Kehadiran burung gagak ditempat yang biasanya tidak disinggahi dianggap membawa pertanda buruk, entah kematian, musibah, mayat, perkuburan, atau bahkan perang yang akan menimpa wilayah tersebut.

Burung gagak identik dengan kematian karena mereka berperilaku aneh di dekat rekan spesienya yang meninggal.

Mereka akan menyalak dan memberitahu rekan lainnya yang masih hidup akan kematian tersebut. Mereka juga adalah predator pemakan bangkai.

Pada zaman perang dunia kumpulan gagak berkumpul di medan perang dan memakan jasad perwira yang gugur. Selain hal tersebut, berikut adalah fakta dan mitos tentang burung gagak yang menarik untuk diketahui!

Baca juga: Fakta Unik Rafflesia Arnoldii, Bunga Tunggal Terbesar di Dunia

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Takut akan kematian 

Burung gagak dinilai sebagai pertanda kematian dilihat dari perilakunya saat ada burung gagak lain yang mati. Mereka akan menyalak dengan berisik dan melakukan semacam pemakaman bagi rekannya yang meninggal.

Dilansir dari National Geographic, hal itu tidak berarti gagak berduka akan kematian rekannya namun mereka cenderung mencoba mencari tahu apakah ada ancaman di mana kematian tersebut terjadi sehingga bisa menghindarinya.

Burung gagak mengerti akan kematian dan takut akan hal tersebut, mereka cenderung menghindari tempat dan obyek yang dianggap mengancam nyawa.

Perwujudan dewi perang dan kematian 

Burung gagak dalam mitologi kuno bangsa Celtic dianggap merupakan perwujudan tiga dewi perang dan kematian, yaitu Morrigan.

Dilansir dari Mythopedia, Morrigan terdiri dari tiga dewi paling kuat di Irlandia, mereka dapat melihat masa depan dan akhir dunia yang bisa memberikan ketakutan magis luar biasa.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X