Kompas.com - 24/04/2021, 13:09 WIB
Pygmy Marmoset, hewan terkecil di dunia wikimedia.org/Malene ThyssenPygmy Marmoset, hewan terkecil di dunia

KOMPAS.com - Ada berbagai macam hewan dengan karakteristiknya masing-masing, mulai dari mamalia, amfibi, primata, unggas, ikan, hingga reptil.

Hewan-hewan tersebut memiliki bentuk tubuh yang unik dengan ukuran berbeda satu sama lainnya.

Tahukah kamu ada hewan yang memiliki tubuh sangat kecil di dunia, apa saja si hewan tersebut? Untuk mengetahuinya, yuk kita simak penjelasan di bawah ini!

  • Pygmy Marmoset

Pygmy marmoset atau marmoset kerdil adalah spesies monyet terkecil di dunia. Dilansir dari New England Primate Conservancy, marmoset kerdil hidup di vegetasi lebat daerah cekungan Amazon barat yaitu sekitar barat laut Brazil, Kolombia Selatan, Peru, dan Ekuador timur.

Pygmy marmoset memiliki ukuran yang sangat kecil jika dibandingkan monyet lainnya yaitu sekitar 12 hingga 16 cm dengan berat hanya mencapai 3-5 ons saja. Dengan ukurannya terdebut marmoset bisa hidup dalam saku baju kita tanpa merasa sempit.

  • Lemur tikus Madame Berthe

Lemur tikus Madame berthe adalah lemur asal Madagaskar yang diberi gelar sebagai primata terkecil di dunia. Lemur tikus madame berthe dengan nama latin Microcebus berthae memiliki ukuran tubuh rata-rata hanya sepanjang 3,6 inci atau sekitar 9 cm dengan berat sekitar 1 ons saja.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Sea Squirt, Hewan Penyedot Polutan Plastik

  • Kelelawar lebahbobo.grid.id/Danasti Permata Putri/uniqpost.com Kelelawar lebah
    Kelelawar Lebah

Kelelawar lebah dengan nama latin Craseonycteris thonglongyai adalah spesies kelelawar terkecil di dunia. Kelelawar lebah memiliki ukuran tubuh 1,1 hingga 1,3 inci (2,8 hingga 3,3 cm) dengan berat tubuh hanya sekitar 2 gram. Dilansir dari animaldiversity.org, kelelawar lebah ditemukan di pegunungan Bilauktaung, Provinsi Kanchanaburi, Thailand.

  • Barbados Threadsnake

Barbados threadsnake dengan nama latin Tetracheilostoma carlae adalah ular terkecil di dunia. Barbados threadsnake adalah hewan endemic asal kepulauan Barbados atau hindia barat yang teletak di perbatasan laut Karibia.

Ular Barbados Threadsnake berukuran memiliki panjang 4 inci atau sekitar 10 cm membuatnya terlihat seperti seuntai spageti berwarna coklat. Sayangnya spesies ular Barbados hampir punah karena berkurangnya habitat.

  • Burung Kolibri Lebahbobo.grid.id/Willa Widiana Burung Kolibri Lebah
    Burung Kolibri Lebah

Burung kolibri lebah atau bee hummingbird memiliki nama latin Mellisuga helenae adalah spesies burung terkecil di dunia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X