Kompas.com - 18/02/2021, 14:33 WIB
Bunga Matahari yang terdapat di taman bunga hotel Leuweung Geledegan Ecolodge Bogor, Minggu (8/12/2019). Hotel ini juga memiliki taman bunga dan kebun buah untuk memberikan wisata edukasi. Nicholas Ryan AdityaBunga Matahari yang terdapat di taman bunga hotel Leuweung Geledegan Ecolodge Bogor, Minggu (8/12/2019). Hotel ini juga memiliki taman bunga dan kebun buah untuk memberikan wisata edukasi.

KOMPAS.com - Pernahkah kamu melihat bunga matahari? Bunga yang besar, berwarna kuning, dengan bentuk seperti Matahari yang sering digambar oleh anak-anak.

Tahukan kamu bahwa bunga matahari memiliki banyak manfaat? Untuk mengetahuinya, yuk kita simak penjelasan di bawah ini!

Ciri-Ciri Bunga Matahari

Bunga matahari adalah tanaman dengan genus Helianthus. Dilansir dari She Said Sunflower, Helianthus berasal dari bahasa Yunani helio yang berarti Matahari dan anthus yang berarti bunga.

Ini karena bentuknya yang seperti Matahari dan sifat heliotropismenya (selalu mengarah ke Matahari). Berikut adalah ciri-ciri dari bunga matahari:

  1. Batang tunggal, tebal, tegak, dan tidak bercabang
  2. Daun hijau tua yang lebar dan besar
  3. Tangkai yang tinggi (namun ada bunga matahari kerdil dengan tangkai yang pendek)
  4. Kelopak bunga majemuk (kelopak bunga berlapis-lapis) berwarna kuning
  5. Biji yang sangat banyak dalam bunga
  6. Akar tunggang
  7. Tumbuh dalam cuaca yang hangat
  8. Tumbuh ke arah matahari

Baca juga: Ciri-ciri Khusus Lotus

Manfaat Bunga Matahari

Jika kamu menanam bunga matahari di halaman, saat bunga tersebut mekar kupu-kupu dan burung akan banyak berdatangan memperindah tamanmu.

Akar bunga matahari juga menghasilkan senyawa kimia yang dapat menekan pertumbuhan gulma, sehingga kamu tidak memerlukan pestisida.

Bunga Matahari memiliki banyak manfaat bagi makhluk hidup. Biji bunga matahari dimanfaat sebagai makanan tinggi gizi bagi burung, hamster, juga marmut. Kelopak bunga matahari juga dapat dimakan dan juga sering digunakan sebagai the herbal.

Biji bunga matahari juga dapat dikonsumsi oleh manusia sebagai makanan ringan yang kaya akan manfaat. Dilansir dari Healthline, biji bunga matahari mengandung serat, vitamin E, niacin, vitamin B6, folat, magnesium, asam pantotenat, seng, tembaga, mangan, selenium, protein, karbohidrat, dan lemak tak jenuh.

Tingginya kandungan gizi membuat biji bunga matahari berperan sebagai antioksidan, mencegah penyakit jantung, peradangan, diabetes, dan mencegah kanker. Biji bunga matahari dapat diolah menjadi minyak nabati, kopi, hingga tepung rendah gluten untuk diet.

Dilansir dari Japan Today, bunga matahari dapat membantu mengeluarkan zat radioaktif dalam tanah dan juga air. Sehingga bunga matahari dapat membersihkan sisa-sisa nuklir yang berbahaya seperti pada bekas reaktor Chernobyl di jepang.


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X