Kompas.com - 17/02/2021, 16:15 WIB
Wisatawan mengenakan pakaian adat Sumatera Selatan di Rumah Limas, Jalan Demang Lebar Daun nomor 51, Palembang, Selasa (8/5/2018). ARSIP RUMAH LIMAS PALEMBANGWisatawan mengenakan pakaian adat Sumatera Selatan di Rumah Limas, Jalan Demang Lebar Daun nomor 51, Palembang, Selasa (8/5/2018).
Penulis Ari Welianto
|

KOMPAS.com - Indonesia memiliki beragam pakaian adat yang menjadi ciri khas masing-masing daerah di Indonesia.

Salah satu pakaian adat yang adat di Indonesia adalah Aesan Gede. Aesan Gede merupakan pakaian adat yang berasal dari Palembang, Sumatera Selatan.

Aesan Gede merupakan pakaian yang melambangkan kebesaran. Di mana perlambang keagungan kerajaan Sriwijaya pada masa silam.

Biasanya pakaian adat Aesan Gede dipergunakan untuk upacara pernikahan. Aesan dalam bahasa Palembang berarti baju atau pakaian.

Pakaian adat tersebut merupakan salah satu jenis kain songket yang dulu dipergunakan para kaum bangsawan.

Baca juga: Bundo Kanduang, Pakaian Adat Sumatera Barat

Dikutip dari buku Kamus Istilah Tarian Melayu (2018) karya Irwan P. Ratu Bangsawan, Aesan Gede merupakan pakaian adat Palembang, Sumatera Selatan.

Pakaian adat yang dipakai penari gending sriwijaya biasanya seperti pakaian yang dipakai oleh pengatin perempuan baik aesan gede atau paksangko.

Bentuk pakaian Aesan Gede

Pada pakaian pengantin perempuan yang biasa dikenakan juga oleh penari Gending Sriwija terdiri dari tiga bagian, yaitu kepala, tubuh, dan kaki.

Pada bagian kepala memakai mahkota atau kesuhun dilengkapi suri (sisir) pengantin dan cucuk gelung.

Di belakang sanggul ditancapkan juga bunga rampe (rampai) dan di bagian belakang kepala menggunakan kelapo setandan. Aksesoris lainnya berupa gandik, sumping, kembang ure, dan anting-anting.

Baca juga: 4 Ajaran Mahatma Gandhi untuk Melawan Inggris

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X