Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Neptunus, Planet Pembuat Masalah

Kompas.com - 08/02/2021, 18:52 WIB
Silmi Nurul Utami,
Nibras Nada Nailufar

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jika Uranus adalah planet misterius yang nakal karena bergerak tidak teratur, maka Neptunus adalah planet pembuat masalah karena mengganggu orbit planet yang ada di sekitarnya.

Planet Pembuat Masalah

Neptunus memiliki medan gravitasi yang lebih kuat dibandingkan dengan Bumi yaitu sebesar 11,15 m/s² dengan medan magnet yang sangat kuat yaitu 27 kali kekuatan medan magnet Bumi.

Kekuatannya yang besar membuat Neptunus kerap kali mengganggu planet di dekatnya, terutama memengaruhi orbit dari tetangganya yaitu Uranus.

Bahkan salah satu bulan terbesar di Neptunus yaitu Triton diperkirakan dahulunya adalah suatu planet kecil yang mengorbit Matahari di dekat Neptunus.

Triton kemudian diganggu oleh Neptunus dan dipaksa untuk masuk ke orbitnya. Hal ini menyebabkan triton mengelilingi Neptunus dan berubah menjadi bulan bagi Neptunus.

Baca juga: Uranus, Planet Petualang Misterius

Selain Triton, diperkirakan bulan lainnya bernama Nereid adalah obyek yang ditangkap secara paksa oleh Neptunus.

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, semua bulan yang mengorbit terlalu dekat dengan Neptunus tidak akan luput dari gangguannya.

Perputaran dan Orbit

Neptunus adalah planet terjauh dari Matahari dalam tata surya. Dilansir dari NASA Solar System Exploration, Jarak Neptunus terhadap Matahari adalah sekitar 4,5 miliar kilometer.

Berarti jarak Neptunus ke Matahari sama dengan 30 kali jarak Bumi ke Matahari, sehingga sinar Matahari membutuhkan waktu 4 jam untuk sampai ke Neptunus.

Neptunus bergerak dalam orbit berbentuk elips yang mengelilingi Matahari dengan jarak yang sangat jauh. Jarak orbit yang jauh menyebabkan Neptunus memiliki tahun yang sangat panjang dengan hari yang sangat pendek.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com