Jenis Suara Manusia: Sopran, Alto, Tenor, Baritone, dan Bass

Kompas.com - 22/01/2021, 17:01 WIB
Tujuh jenis suara manusia Tujuh jenis suara manusia

KOMPAS.com - Setiap manusia memiliki keunikannya masing-masing, termasuk dari segi vokal. Tahukah kamu jika di dunia ada tujuh jenis jangkauan suara manusia?

Jenis suara dapat dikatakan mengacu pada nada tertinggi dan terendah yang bisa dicapai. Baik ketika sedang berbicara, berteriak ataupun bernyanyi.

Mengutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dan Encyclopaedia Britannica, berikut penjelasannya:

Suara perempuan

Sopran atau soprano

Sopran merupakan jenis suara tertinggi untuk perempuan dewasa. Jenis suara ini bisa menjangkau nada C4 hingga nada G5.

Karakter suara sopran yang dimiliki perempuan dewasa, sering diklasifikasi berdasarkan warna vokal, timbre, rentang suara dan ketangksan suara.

Biasanya untuk dramatic soprano memiliki karakter suara yang bertenaga. Lyric soprano memiliki karakter suara yang lebih ringan. Sedangkan untuk coloratura soprano memiliki jangkauan yang tinggi dan ketangkasan suara yang ekstrim.

Penyanyo yang punya jangkauan suara ini adalah Mariah Carey.

Baca juga: Bernyanyi Unisono: Pengertian, Teknik Vokal dan Organ Suara Manusia

Mezzo-sopran atau mezzo-soprano

Mezzo sopran memiliki karakter suara yang sedang. Artinya tidak terlalu tinggi ataupun rendah.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X