Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apresiasi Empatik Terhadap Karya Seni

Kompas.com - 20/01/2021, 15:41 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri ,
Nibras Nada Nailufar

Tim Redaksi

Sumber Kemdikbud

KOMPAS.com - Apresiasi diperlukan dalam setiap hal, tidak terkecuali dalam bidang seni. Seluruh karya seni yang dibuat merupakan hasil kerja keras para seniman di bidangnya.

Mengutip dari situs Arty Factory, apresiasi seni merupakan sebuah pemahaman serta pengetahuan tentang kualitas seni yang bersifat universal untuk mengidentifikasi semua karya seni yang hebat.

Namun, apresiasi seni juga bisa datang dalam bentuk subjektif. Biasanya bentuk apresiasi seni ini ditangkap melalui indra manusia.

Salah satu bentuk apresiasi dalam karya seni adalah apresiasi empatik. Tahukah kamu apa itu apresiasi empatik?

Dilansir dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), apresiasi empatik merupakan suatu bentuk apresiasi terhadap karya seni yang hanya dapat ditangkap melalui pengindraan saja.

Baca juga: Apresiasi dan Kritik Karya Seni Rupa: Pengertian dan Fungsi

Artinya apresiasi empatik juga bersifat subjektif. Karena setiap orang memiliki karakteristik atau kesukaannya masing-masing.

Biasanya jenis apresiasi empatik dilakukan oleh orang yang kurang mengerti bidang seni atau orang awam. Namun, tidak menutup kemungkinan orang yang ahli di bidang seni juga akan melakukan apresiasi empatik.

Contohnya ketika ada orang awam yang menyukai pantai, maka ketika melihat karya seni lukisan pantai, ia akan merasa bahwa itu adalah lukisan yang bagus.

Contoh lainnya ketika mendengar musik dan seseorang menyukai musik tersebut karena merasa nyaman, maka ia akan mengatakan bahwa jenis musik ini bagus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com