Fungsi Kaca pada Termos

Kompas.com - 19/01/2021, 17:55 WIB
Termos digunakan untuk menyimpan air agar bertahan pada suhunya RemainsTermos digunakan untuk menyimpan air agar bertahan pada suhunya

KOMPAS.com - Kamu dan teman sekelasmu akan berkemah di gunung. Kamu menyiapkan berbagai macam bahan makanan dan kamu juga ingin membawa coklat panas untuk diminum dalam perjalanan.

Jika ditempatkan dalam botol biasa, coklat tersebut akan menjadi dingin. Sehingga kamu memutuskan untuk memasukan coklat panas tersebut ke dalam termos agar tetap panas.

Tahukah kamu mengapa termos dapat menjaga minuman di dalamnya tetap dalam keadaan panas? Untuk mengetahuinya simaklah materi di bawah ini tentang bagian-bagian termos beserta fungsinya.

explainthatstuff.com Struktur Termos

1. Tutup Termos

Tutup termos biasanya berbentuk sumbat yang berfungsi untuk mencegah air dan udara keluar masuk dari termos. Sehingga tutup termos dapat mencegah perpindahan panas secara konduksi maupun konveksi.

2. Bagian Luar Termos

Bagian luar termos berbetung tabung yang dapat terbuat dari plastik maupun logam tahan karat. Bagian luar biasanya kokoh dan dapat melindungi bagian dalam termos.

Selain kokoh, bagian luar termos juga dapat memberikan estetika dimana produsen dapat memberikan warna, gambar, dan merek pada termos.

Baca juga: Perbedaan Suhu dan Kalor

3. Lapisan Kaca Bagian Luar

Dilansir dari Explain That Stuff, lapisan kaca bagian luar pada termos berfungsi sebagai penahan panas secara radiasi dari luar termos. Panas dari luar yang masuk ke dalam termos akan dipantulkan kembali ke luar termos sehingga tidak ada panas yang masuk.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X