Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fungsi Kaca pada Termos

Kompas.com - 19/01/2021, 17:55 WIB
Silmi Nurul Utami,
Nibras Nada Nailufar

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kamu dan teman sekelasmu akan berkemah di gunung. Kamu menyiapkan berbagai macam bahan makanan dan kamu juga ingin membawa coklat panas untuk diminum dalam perjalanan.

Jika ditempatkan dalam botol biasa, coklat tersebut akan menjadi dingin. Sehingga kamu memutuskan untuk memasukan coklat panas tersebut ke dalam termos agar tetap panas.

Tahukah kamu mengapa termos dapat menjaga minuman di dalamnya tetap dalam keadaan panas? Untuk mengetahuinya simaklah materi di bawah ini tentang bagian-bagian termos beserta fungsinya.

explainthatstuff.com Struktur Termos

1. Tutup Termos

Tutup termos biasanya berbentuk sumbat yang berfungsi untuk mencegah air dan udara keluar masuk dari termos. Sehingga tutup termos dapat mencegah perpindahan panas secara konduksi maupun konveksi.

2. Bagian Luar Termos

Bagian luar termos berbetung tabung yang dapat terbuat dari plastik maupun logam tahan karat. Bagian luar biasanya kokoh dan dapat melindungi bagian dalam termos.

Selain kokoh, bagian luar termos juga dapat memberikan estetika dimana produsen dapat memberikan warna, gambar, dan merek pada termos.

Baca juga: Perbedaan Suhu dan Kalor

3. Lapisan Kaca Bagian Luar

Dilansir dari Explain That Stuff, lapisan kaca bagian luar pada termos berfungsi sebagai penahan panas secara radiasi dari luar termos. Panas dari luar yang masuk ke dalam termos akan dipantulkan kembali ke luar termos sehingga tidak ada panas yang masuk.

Inilah mengapa termos dapat menjaga minuman tetap dingin, karena tidak ada panas dari luar yang bisa masuk.

4. Ruang Vakum

Ruang vakum adalah ruang hampa yang memisahkan lapisan kaca luar dan lapisan kaca dalam. Dilansir dari Encyclopedia Britannica, ruang vakum ini mencegah transfer panas dari bagian luar termos dan bagian dalam termos dan menyebabkan isolasi termal.

Tidak adanya medium dalam ruang hampa udara menyebabkan perpindahan panas secara konveksi dan konduksi tidak bisa terjadi.

Baca juga: Perbedaan Perpindahan Panas Secara Konduksi, Konveksi, dan Radiasi

5. Lapisan Kaca Bagian Dalam

Ketika membuka tutup termos, kita dapat melihat dinding dalam termos adalah kaca yang reflektif. Sifat kaca yang reflektif, memantulkan panas yang akan keluar dari termos kembali ke dalam termos.

Hal ini menyebabkan panas tidak dapat keluar dan hanya menantul terus di dalam termos.

6. Penyangga

Penyangga berfungsi untuk mencegah bagian dalam termos tetap pada tempatnya tidak bergeser dan tidak pecah karena hentakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com