Kompas.com - 05/01/2021, 19:25 WIB
Ilustrasi kewirausahaan freepik.com/pch.vectorIlustrasi kewirausahaan

KOMPAS.com - Di era digital yang berkembang pesat, menuntut semua orang untuk terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan. Kewirausahaan atau enterpreneuship menjadi salah satu jalan untuk memenuhi tantangan zaman.

Dalam buku Manajemen Kewirausahaan (2020) karya Kurnia Dewi dan teman-teman, definisi kewirausahaan adalah sikap atau kemampuan untuk menciptakan hal-hal baru dan memiliki nilai serta manfaat untuk diri sendiri maupun orang lain.

Kata kewirausahaan berasal dari kata wira dan usaha. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, wira artinya pejuang, berani, dan berwatak agung, budi luhur. Sedangkan usaha adalah bekerja, berbuat amal, berbuat sesuatu.

Baca juga: Jenis Kemampuan yang Diperlukan dalam Kewirausahaan

Kewirausahaan menurut para ahli

Untuk lebih mudah memahami arti kewirausahaan, berikut pendapat para ahli:

  • Richard Cantillon

Kewirausahaan adalah sebagai pekerjaan seseorang pengusaha yang membeli barang pada harga tertentu kemudian menjualnya kembali dengan harga yang belum pasti.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kewirausahaan di sini mengarah, bagaimana seseorang mengambil resiko yang belum pasti.

  • Drs. Joko Untoro

Pengertian kewirausahaan adalah suatu keberanian untuk melakukan berbagai upaya dalam memenuhi kebutuhan hidup yang dilakukan seseorang.

Upaya berdasarkan kemampuan dengan memanfaatkan segala potensi yang dimiliki, sehingga menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya dan orang lain.

  • Eddy Soeryanto Soegoto

Kewirausahaan ialah usaha kreatif yang dilakukan berdasarkan inovasi untuk menghasilkan sesuatu yang baru, memiliki nilai tambah, memberikan manfaat, menciptakan lapangan kerja, dan hasilnya berguna bagi orang lain.

Baca juga: Strategi Pembangunan Ekonomi

Ciri-ciri kewirausahaan

Dilansir dari buku Kewirausahaan dan UMKM (2020) karya Puji Hastuti dan kawan-kawan, beberapa ciri-ciri kewirausahaan, yakni:

Halaman:

Sumber KBBI
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.