Jenis-Jenis Seni Menyulam

Kompas.com - 05/01/2021, 17:00 WIB
Sulaman karawo menjadi urat nadi perekonomian ribuan orang di Gorontalo, mulai dari desainer, pengiris serat, penyulam hingga pelaku mata rantai perdagangannya. KOMPAS.COM/ROSYID A AZHARSulaman karawo menjadi urat nadi perekonomian ribuan orang di Gorontalo, mulai dari desainer, pengiris serat, penyulam hingga pelaku mata rantai perdagangannya.
Penulis Ari Welianto
|

KOMPAS.com - Seni menyulam merupakan hiasan yang dibuat dipermukaan kain atau bahan bahan lain dengan jarum jahit dan benang.

Menyulam cenderung dikerjakan secara manual dengan menggunakan tangan bukan memakai alat.

Sehingga hasil yang diperoleh memiliki kualitas bagus dan banyak disenangi meski jumlah yang dihasilkan tidak banyak jika dibandingkan menggunakan mesin.

Pada seni menyulam ada beberapa jenis-jenis sulam yang dipakai untuk menyulam.

Berikut jenis-jenis menyulam:

Jenis sulam berdasarkan bahan utama

Dikutip dari buku Berkreasi Aneka Bentuk Sulaman Sederhana (2018) karya Derosya, berdasarkan bahan utama menyelam dibagi menjadi tiga jenis, yakni sulam benang, sulam pita, dan sulam payet.

Baca juga: Seni Menyulam: Pengertian dan Sejarahnya

Berikut penjelasannya:

Sulam benang merupakan teknik sulam paling dasar yang memiliki berbagai macam variasi tusukan.

Sehingga membentuk suatu pola atau desain yang diinginkan. Sulam benang bahan utamanya adalah benang.

Sulam benang banyak diaplikasikan untuk menghias jilbab, mukena, pakaian, tas, atau hiasan dinding.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X